4 Tips Redakan Batuk Pilek Anak Tanpa Obat Kimia

Anak-anak sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk batuk dan pilek. Karena saking seringnya menyerang, seakan batuk dan pilek menjadi penyakit yang tidak bisa dipisahkan dengan anak. Bahkan seringkali keduanya datang secara bersamaan, sehingga cukup membuat ibu panik.

Ketika mendapati si kecil batuk pilek, umumnya ibu memberi obat – obatan kimia untuk meredakannya. Padahal jika dicermati lebih jauh, obat – obatan kimia memiliki dampak jangka panjang yang membahayakan bagi kesehatan anak. Untuk itu ada baiknya jika Ibu lebih mengutamakan penggunaan cara – cara tradisional untuk meredakan batuk pilek anak.

batuk pilek

Berikut 4 Tips cerdas redakan batuk pilek anak tanpa obat kimia:

  1. Ramuan Madu dan Lemon

Untuk mengatasi hidung tersumbat ketika batuk dan pilek, Anda dapat membuat ramuan dari madu dan lemon. Caranya, campurkan atu sendok teh madu dan lemon pada air hangat. Minum secara rutin hingga sembuh.

  1. Uap Panas

Selain menggunakan ramuan madu dan lemon, Anda juga dapat menggunakan uap panas untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya, siapkan air panas di bak mandi hingga menghasilkan uap. Duduklah bersama anak Anda di dalam kamar mandi dengan pintu yang tertutup selama 15 menit. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.

  1. Kunyit

Untuk meredakan batuk pada anak, Anda dapat membuat ramuan dari kunyit. Caranya dengan mencampurkan sejumput bubuk kunyit dalam susu yang biasa dikonsumsi si kecil.

  1. Pemijatan

Lakukan pemijatan lembut pada si kecil dengan menggunakan minyak zaitun dan essential. Hal ini dimaksudkan agar membantu memperlancar pernapasan anak.

author