4 Tips Super Ampuh Melatih Si Kecil Berjalan

No comment 576 views

Seorang anak terus bertumbuh dan berkembang setiap waktunya menuju kesempurnaan jasmani dan rohani. Disetiap perkembangan yang terjadi ini akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi seorang ayah dan ibu, tak terkecuali ketika anak sudah mulai dapat berjalan.

Si kecil secara normal sudah akan mulai bejar berjalan ketika usianya memasuki bulan ke 9 sampai 11, dan akan dapat berjalan dengan lancar saat usia sekitar 15 bulan. Pencapaian kemampuan setiap bayi untuk dapat berjalan memang berbeda –beda, namun biasanya masih dalam rentang waktu yang relatif sama seperti yang telah disebutkan di atas.

Sebagaimana pertumbuhan pada aspek lainnya, kemampuan berjalan anak sebenarnya dapat anda latih sehingga anak akan dapat berjalan dengan cepat. Namun yang perlu Anda garis bawahi disini adalah jangan pernah memaksakan anak untuk berjalan, terlebih ketika usia anak memang belum memasuki usia berjalan. Yang boleh anda lakukan adalah memberikan stimulus agar anak terpacu untuk berusaha dan dapat berjalan.

berjalan

Tips agar si kecil cepat berjalan

  1. Motivasi anak dengan sesuatu yang ia sukai. Misalnya anda dapat meletakkan mainan atau barang kesukaannya di tempat tertentu kemudian motivasi ia untuk menggapainya dengan berjalan.
  2. Berdiri dalam box. Manfaatkan box tidur bayi untuk melatihnya berjalan, caranya tempatkan bayi di dalamnya kemudian bimbing si kecil untuk berdiri dan berjalan menyusuri box sambil berpeganggan pada tepiannya. Namun untuk melakukan tips ini usahakan untuk selalu berada disamping si kecil demi keamanannya.
  3. Gunakan alat pembantu yang dapat didorong. Bayi memang sangat menyukai kegiatan mendorong, oleh sebab itu manfaatkan hal ini untuk melatih si kecil berjalan.
  4. Pegang tangannya dan bimbing berjalan. Mula – mula peganglah kedua tangan si kecil dan bimbinglah ia untuk berjalan secara perlahan, setelah itu tingkatkan dengan hanya memegang satu tangan ketika berjalan.
author