5 Cara Tepat Atasi Batuk pada Anak

No comment 851 views

Peningkatan kadar polusi udara saat ini telah menyebabkan potensi masalah infeksi saluran pernafasan pada anak usia balita kian meningkat. Dari berbagai jenis gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernafasan, salah satu yang paling kerap menimpa anak adalah batuk.

Batuk dapat dipahami sebagai ganguan kesehatan akibat masukknya benda asing pada sistem pernafasan, seperti bakteri, virus, cairan dan debu. Selain itu batuk juga dapat disebabkan oleh sinusitis atau peradangan pada rongga sinus. Sedangkan untuk jenis batuk, dunia medis biasa menggolongkan batuk pada anak menjadi dua jenis yakni batuk kronis dan batuk akut.

Seorang anak dikatakan mengalami batuk kronis jika batuk yang dideritanya telah berlansung lebih dari 14 hari dan terjadi secara berulang – ulang tiap bulannya. Batuk kronis biasanya terjadi pada anak yang mengalami penyakit asma, Batuk rejan (batuk 100 hari), atau TBC.

Sementara itu untuk batuk akut, biasanya lebih ringan daripada batuk kronis. Jenis batuk yang kedua ini biasanya akan segera sembuh dalam waktu beberapa hari saja atau kurang dari 14 hari. Batuk akut dapat disebabkan oleh masalah flu, tersedak, radang tenggorokan, namun dapat juga terjadi akibat radang paru – paru atau pneumonia.

batuk

Namun apapun jenis dan penyebabnya, batuk tentu sebisa mungkin harus segera diatasi agar anak tak terlalu lama menderita. Bagaimana caranya? Berikut 5 tips mengatasi batuk pada anak.

  1. Tempatkan anak pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara dan kadar oksigen yang baik, tujuannya agar anak tidak mengalami sesak nafas. Selain itu perhatikan pula kondisi kebersihan ruangan anak, usahakan agar ruangan sebisa mungki terbebas dari debu.
  2. Jangan memberikan makanan atau minuman yang dapat membuat batuk si kecil semakin parah. Misalnya minuman dingin atau es, permen, makanan berlemak tinggi, serta makanan yang mengandung pemanis buatan.
  3. Atur pola makan anak dengan baik selama batuk, yakni berikan anak makanan dan minuman dalam porsi kecil namun sering. Hal ini bertujuan agar anak tidak muntah .
  4.  Oleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada dan leher anak agar ia merasa hangat dan nyaman. Efek hangat yang ditumbulkan oleh minyak ini dapat membantu melegakan pernafasan anak yang tengah batuk
  5. Jika memang batuk si kecil tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
author