5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Anak

No comment 590 views

Carica pepaya L. atau di Indonesia dikenal dengan nama papaya adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk dijumpai. Pasalnya buah ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Pepaya yang memiliki daging buah matang berwarna warna merah atau oranye dan memiliki rasa yang manis. Teksturnya yang lembut dan lunak membuat buah ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali anak – anak. Namun tahukah Anda dibalik kenikmatan rasanya, ternyata buah ini mengandung berbagai kasiat untuk kesehatan anak? berikut beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh:

 pepaya

  1. Menambah Nafsu Makan

Buah papaya dapat dijadikan sebagai ramuan penambah nafsu makan anak. Caranya, campur sedikit garam dan setengah gelas air hangat dengan daun papaya yang seukuran telapak tangan. Anda juga dapat menumbuk atau memblendernya. Ambil airnya untuk kemudian di minum. Lakukan secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah papaya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Anda dapat mengkonsumsinya langsung dalam bentuk buah atau meminumnya dalam bentuk jus.

  1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Sembelit dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah papaya sebanyak 3 kali dalam sehari. Hal ini disebabkan kandungan serat yang terdapat dalam pepaya mampu membantu melancarkan sistem pencernaan.

  1. Meredakan Flu

Untuk mengatasi sakit flu, tidak selamanya harus menggunakan obat kimia. Anda dapat memanfaatkan buah papaya untuk meredakannya. Caranya, cuci daun papaya muda sebanyak 2-3 helai, dan haluskan. Peras kemudian ambil airnya dan tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin.

  1. Mengobati Diare

Diare dapat disembuhkan dengan biji buah papaya. Caranya, keringkan biji buah papaya secukupnya, kemudian tumbuk halus. Seduh bubuk biji papaya tersebut seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari. Untuk sekali minum cukup satu gelas.

Buah yang dijual dengan harga terjangkau ini ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anak. Selain buahnya, daun dan biji dari buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan kesehatan. Selamat mencoba.

author