5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

No comment 398 views

Nutrisi penting untuk ibu hamil tentu saja sangatlah diperlukan dan mengambil peranan penting dalam kesehatan bayi dan ibu hamil itu sendiri. Seorang ibu, harus pandai-pandai dalam memilih serta mengkonsumsi makanan agar janin yang ia kandung mampu tampil sehat. Kalau anda penasaran dengan nutrisi penting apa yang harus dicantumkan ketika seorang ibu sedang hamil, maka kami secara langsung memberikannya disini.

Vitamin C

Merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko bayi premature. Vitamin C sudah seharusnya dikonsumsi secara rutin oleh seorang ibu dan banyak terkandung pada buah dan sayuran segar.

Asam folat dan zat besi

Seorang ibu hamil amat disarankan untuk mengkonsumsi 400 mg asam folat setiap hari. Pengkonsumsian asam folat tersebut dilakukan sebelum hamil dan 3 bulan selama masa kehamilan secara rutin. Asam folat banyak ditemukan pada sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sementara itu, zat besi merupakan makanan yang ampuh untuk meningkatkan performa aktivitas seorang ibu hamil, dan mencegah anemia. Zat besi banyak terdapat di daging sapi serta bayam.

Kalsium

Asupan kalisum merupakan hal atau nutrisi yang sangat penting karena memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan gigi serta tulang janin anda. kalsium juga mampu memberikan pengurangan risiko pre eklamsia yang bisa menyebabkan komplikasi serius pada saat kehamilan terjadi. Selain itu, kalsium juga memberikan kepadatan tulang yang dibutuhkan oleh seorang ibu untuk mencegah osteoporosis. Makanan yang mengandung kalsium terutama adalah sayuran berdaun hijau, salmon, dan susu.

Vitamin E

Konsumsilah vitamin E dengan kadar hingga 15 mg setiap hari untuk memberikan kemampuan bagi tubuh dalam membentuk dan menggunakan sel darah merah. Vitamin E juga memberikan efek yang sangat baik bagi kulit sehingga seorang ibu hamil juga mampu mempunyai kulit yang cantik. Vitamin ini banyak terdapat pada gandum, kacang-kacangan, bayam, dan sereal.

Vitamin B1

Apabila anda adalah seorang ibu hamil, maka sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi setidaknya 1,4 mg setiap hari untuk vitamin B1. Konsumsi nutrisi penting ibu hamil ini banyak terdapat pada gandum utuh, nasi, telur, dan sereal.

author