5 Penyebab Anak Kembar Lahir

No comment 1321 views

Penyebab anak kembar lahir merupakan sebuah hal yang banyak dicari tahu oleh para orang tua. Banyak orang tua yang mencari penyebab lahirnya anak kembar karena mereka ingin mendapatkan anak kembar tersebut. Beberapa hal penting yang menjadikan penyebab anak kembar lahir adalah sebagai berikut.

Sejarah di keluarga

Ketika seorang keluarga pernah mempunyai anak kembar, entah itu ibu, saudara kandung, sepupu, atau bahkan paman, maka anda akan memungkinkan diri anda sendiri dan pasangan untuk menapatkan sebuah anak kembar. Kelahiran kembar yang menurun biasanya terjadi pada garis ibu. Jadi, apabila ibu anda atau garis di atas ibu anda pernah mempunyai anak kembar, maka itu berarti anda bisa mendapatkan anak kembar pula.

Mempunyai berat badan berlebih

Ada sebuah penelitian unik yang dilakukan oleh college of obsetretics dan gynecology. Dimana mereka menemukan fakta bahwa ibu dengan Indeks Massa Tubuh lebih dari 30 akan berpeluang untuk mempunyai anak kembar. Kendati demikian, peluang tersebut hanya diperuntukkan bagi pasangan yang mempunyai sejarah keluarga kembar.

Hamil di usia yang sudah tua

Sekitar 17% wanita yang mempunyai kehamilan di atas 45 tahun berpeluang untuk melahirkan anak kembar. Kemudian pada usia yang ke -50, peluang mempunyai anak kembar tersebut semakin besar namun risiko keguguran pada usia tersebut juga rentan terjadi.

Pernah mempunyai anak kembar

Ketika di kehamilan pertama anda mempunyai anak kembar, maka kemungkinan kehamilan kembar selanjutnya besar terjadi. Seorang ibu yang telah mempunyai anak kembar pada tahap pertama, berpeluang untuk mempunyai anak kembar kembali empat kali lipat dibandingkan yang belum pernah mengandung anak kembar.

Sering melahirkan anak

Semakin banyak yang telah Anda miliki, kemungkinan mengalami kehamilan kembar juga semakin besar. Tapi tak ada yang bisa memastikan setelah berapa kali kehamilan akan terjadi kehamilan kembar.

Melakukan program fertilitas

Ketika dahulu orang yang mempunyai anak kembar dianggap beruntung, saat ini tidak lagi. Seorang wanita bisa melahirkan anak kembar karena mereka menerapkan teknologi tinggi yang disebut dengan program fertilitas. Penggunaan program yang berfungsi untuk menstimulus terjadinya ovulasi dan juga penerapan bayi tabung memungkinkan adanya embrio yang tumbuh lebih dari satu di Rahim sang ibu.

Itulah beberapa penyebab anak kembar bisa lahir yang perlu untuk anda ketahui.

author