5 Tips Hebat Jauhkan Si Kecil Dari Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan menjadi ancaman tersendiri bagi bayi dan anak – anak usia dibawah lima tahun yang dapat menggangu proses pertumbuhan anak. Kebiasaan bereksplorasi anak yang kerap bermain dengan berbagai media seperti tanah, pasir, dan binatang piaraan dapat menjadi pintu awal anak terkena cacingan. Media – media bermain seperti itu berpotensi terkontaminasi telur atau bibit cacing yang dapat dengan mudah masuk ke tubuh anak. Terlebih anak memiliki kebiasaan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Hal ini tentu dapat menjadi jalan masuk bagi bibit cacing tersebut untuk menyerang tubuh anak.

Namun meskipun si kecil sangat rentan terhadap penyakit cacingan, bukan berarti masalah ini tidak dapat dicegah. Sebagai orang tua yang selalu mendampingi anak, Anda dapat melakukan berbagai tindakan preventive untuk menjauhkan si kecil dari bahaya penyakit cacingan. Bagaimana caranya? Berikut tips hebat menjauhkan anak dari penyakit cacingan:

cacingan

  1. Jagalah kebersihan diri si kecil dan lingkungan tempat ia bermain, termasuk didalamnya pastikan mainan anak dalam keadaan steril.
  2. Jagalah kebersihan peralatan makan dan minum si kecil. Selalu cuci dengan sabun setiap kali habis dipakai dan simpan ditempat yang steril.
  3. Potong dan bersihkan kuku tangan dan kaki anak agar tidak menjadi sarang cacing yang dapat masuk kedalam tubuhnya.
  4. Biasakan si kecil untuk mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan. Mencuci kaki juga merupakan hal yang perlu untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan.
  5. Bila si kecil gemar bermain dengan binatang piaraan seperti kucing dan anjing. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan binatang tersebut beserta kandangnya.

Demikian 5 kiat sehat mencegah si kecil dari penyakit cacingan yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Pastikan Anda dan keluarga selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

author