5 Tips Menambah Berat Badan Anak Yang Wajib Dicoba

Mempunyai anak dengan berat badan kurang tentu bukan sesuatu yang diharapkan oleh orang tua. Artikel ini akan menyediakan beberapa tips menambah berat badan anak yang bisa Anda coba dalam rangka meningkatkan berat badan mereka dan membuat tubuh tetap sehat. Berikut 5 tips menambah berat badan anak yang wajib untuk dicoba.

Periksa terlebih dahulu

Periksalah kondisi anak Anda terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Bisa jadi, si anak memiliki masalah pada kandung kemih, usus, empedu, penyakit ginjal, dan diabetes. Intoleransi makanan seperti laktosa atau intoleransi gluten, dan alergi makanan juga dapat mengganggu berat badan dengan menyebabkan hilangnya nutrisi atau mencegah nutrisi terserap.

Tingkatkan konsumsi kalori

Coba perhatikan jumlah kalori yang diterima oleh anak selama satu minggu. Mungkin ada banyak makanan yang tidak memberikan cukup kalori untuk aktivitas mereka. sehingga, cara yang paling baik adalah meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi melalui makanan-makanan sehat.

Protein dan lemak yang cukup

Anak-anak membutuhkan 13-52 gram protein per hari, sedangkan mereka membutuhkan lemak hingga pada level 30 persen dari keseluruhan kalori. Selain daging dan susu, camilan berupa kacang-kacangan, tahu, tempe, dan telur bisa menjadi Andalan dalam menambah protein dan lemak.

Pastikan anak Anda beraktivitas

Biarkan anak Anda bermain, dan melakukan olahraga yang dia inginkan. Dengan cara ini, maka sistem metabolisme anak akan berjalan lebih lancar dan mereka mampu memiliki nafsu makan yang cukup tinggi selepas kelelahan berolahraga.

Cobalah makanan yang berbeda

Siapkan makanan yang bervariasi dengan cara penyajian yang berbeda pula. Anda bisa mengolah sayur berupa brokoli dengan tumis, kemudian goreng tepung, atau dicampur dengan daging. Salah satu hal yang membuat anak tidak mampu menambah berat badan adalah karena mereka bosan akan makanan yang itu-itu saja. Anda juga bisa menyertakan buah manis dan menarik untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

Semoga 5 tips menambah berat badan anak di atas mampu membantu Anda untuk meningkatan berat badan anak.

author