5 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

No comment 502 views

Tips mengatasi anak susah makan ini akan memberikan beragam cara kepada anda untuk menyikapi anak susah makan dan bagaimana agar suasana makan menjadi bagian yang menyenangkan. sejatinya, mengkonsumsi makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam rangka menjamin nutrisi buah hati. Tanpa makan yang teratur dan bergizi, anak bisa kekurangan nutrisi dan menghambat pertumbuhannya. Di bawah ini, ada tips mengatasi anak susah makan yang bisa anda terapkan.

Jangan memberikan batasan kepada anak

Seringkali, orang tua melarang anak berbicara ketika makan, membungkuk, atau memarahi ketika makan terlalu lama. sebenarnya, batasan-batasan tersebut cenderung membuat anak jengkel dan menganggap makan adalah hal yang harus dihindari. Ketika anak anda susah makan, maka buatlah situasi makan tanpa batasan, dan terus dorong anak untuk mengkonsumsi buah, sayuran, daging, dan susu rendah lemak.

Berikan pujian

Apabila anak anda berhasil mengkonsumsi makanan sehat atau menghabiskan nasi di piring, maka berikanlah senyuman bangga dan pujian kepada mereka. hal itu membuat si anak merasa dihargai dan ia akan melanjutkan lagi di situasi kedepan.

Jangan terlalu cerewet

Jika anak lebih suka kentang goreng daripada bayam rebus, maka jangan melarang anak terus-terusan. Cobalah untuk membuat situasi baru dengan menyajikan makanan lain yang dikemas mirip dengan kentang  goreng. Atau, anda juga bisa menciptakan kreasi kentang goreng sehat di rumah. Coba hidangkan kentang menggunakan minyak kaya omega 3 dan rendah koletserol.

Jangan menukar makanan dengan hadiah

Menukar makanan dengan hadiah merupakan salah satu cara yang tidak mendidik dan sebaiknya dihindari. Karena, anak anda akan terbiasa dengan hadiah, dan bagaimana bila anda tidak memiliki hadiah sementara anak harus makan? tentu saja amat sulit.

Duduk bersama di saat makan malam

Cobalah untuk menyediakan waktu selama makan malam bersama dengan keluarga anda dalam satu meja makan. cara ini dianggap ampuh untuk menciptakan suasana makan yang baik bersama anak dan membuat nafsu makan mereka bertambah.

Itulah 5 tips mengatasi anak susah makan yang patut anda coba.

author