5 Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

No comment 514 views

Kehadiran seorang bayi di dalam keluarga merupakan anugerah yang tiada terkira, sehingga tips merawat bayi yang ada di artikel ini hadir untuk memberikan pengetahuan kepada Anda tentang bagaimana merawat bayi yang baru saja lahir. Adalah penting untuk memberikan perawatan terbaik terutama di saat kelahirannya, sebuah masa dimana bayi membutuhkan kasih sayang, dan perlindungan ekstra dari Anda. bagaimana cara merawat bayi yang benar? Artikel ini akan membahasnya melalui poin-poin berikut.

Berikan ASI pertama Anda

Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan salah satu elemen penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi terutama saat ia baru lahir. Terutama, ketika Anda baru melahirkan, maka ada cairan khusus berwarna kekuningan yang muncul dari puting. Cairan tersebut adalah ASI pertama yang dinamakan kolostrum. Meskipun sedikit, cairan kolostrum harus tetap diberikan karena sarat akan manfaat, bahkan hingga ia dewasa nanti.

Merawat tali pusat

Perawatan tali pusat juga merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan bayi baru lahir. Anda dianjurkan untuk membuat tai pusat tetap bersih dan terlindung dari beragam risiko infeksi. Juga, apabila menemukan kejanggalan pada tali pusat bayi, maka cobalah untuk mengkosultasikannya kepada dokter dalam rangka menemukan solusi terbaik.

Popok bayi

Jika bayi Anda sedang BAB atau buang air kecil, maka segerakan mengganti popoknya. Hal ini dperlukan sebagai langkah pencegahan iritasi pada kulit bayi Anda. juga, berikan lotion yang telah diuji secara klinis dan membuat bayi Anda merasa nyaman ketika memakainya.

Memandikan bayi

Gunakan sabun dan shampoo khusus untuk memandikan bayi Anda dan membuatnya tetap bersih serta wangi. Apabila Anda belum berani untuk memandikan bayi yang baru lahir tersebut, maka langkah terbaiknya adalah meminta tolong seseorang seperti bidan atau baby sister yang mampu melakukannya.

Demikianlah tips merawat bayi yang baru lahir dan semoga mampu memberikan inspirasi kepada Anda.

author