5 Tips Merawat Rambut Bayi

No comment 419 views

Merawat rambut bayi memang terkadang merupakan sebuah aktivitas yang kita sepelekan. Ini biasanya terjadi karena rambut seorang bayi hanyalah berupa rambut tipis dan bahkan membuat orang tua takut untuk melakukan perawatan karena sensitivitas rambut serta kulit kepala bayi. Kendati demikian, perawatan mutlak dilakukan dan dalam hal ini ada 5 cara yang bisa anda coba.

Menggunakan sisir yang ujungnya lembut

Anda disarankan untuk memilih sisir yang jarang dan lembut sehingga cocok untuk rambut balita. Sisir yang lembut tentu saja digunakan dalam rangka menghindari rasa sakit yang ditimbulkan. Juga, dengan sisir yang jarang, balita anda tidak akan mengalami rambut yang kusut sehingga berdampak buruk nantinya.

Keramas secara rutin

Rutinitas keramas yang baik biasanya adalah 2 hingga 3 kali dalam waktu satu minggu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan air hangat dan sangat hati-hati dalam mengusap kulit kepala bayi anda. lakukan secara lembut karena tempurung kepala bayi masih sangat lemah.

Menggunakan shampoo khusus

Anda diharuskan untuk menggunakan shampoo khusus bayi yang banyak berada di pasaran saat ini. Beragam shampoo khusus bayi memang diciptakan sesuai dengan kulit bayi sehingga PH yang ada sangatlah aman serta tidak pedih di mata. Untuk menggunakan shampoo tersebut ketika mandi, maka terapkanlah dengan sangat hati-hati agar bayi tetap bisa bernafas dengan sempurna karena terkadang siraman air ke kepala bisa membuat bayi anda kesulitan bernafas.

Tidak perlu menggunakan krim rambut

Seorang bayi yang baru lahir tidak perlu diberikan kondisioner dank rim rambut yang berfungsi untuk melembutkan rambut mereka. Biarkan rambut bayi anda tumbuh dengan natural dan anda bisa menggunkaan kondisioner ketika bayi telah mulai tumbuh menjadi balita atau anak-anak.

Rapikan rambut bayi anda

Ketika rambut bayi anda telah memanjang, maka rapihkanlah dengan cara memotongnya. Agar memudahkan anda dalam melakukan pemotongan rambut, maka lakukanlah ketika mereka sedang tidur nyenyak. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menggendong bayi atau memotong rambut mereka sementara anda menggendongnya.

author