6 Cara Tepat Merawat Anak Penderita Campak

No comment 587 views

Penyakit campak merupakan satu dari banyak jenis penyakit menular pada anak. Penyebabnya adalah sejenis virus yang dapat dengan mudah tertular melalui air, udara, atau zat lain yang telah terkontaminasi. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini sekilas hampir serupa dengan gejala pada flu, yakni mula – mula anak akan mengalami demam tinggi disertai dengan batuk pilek. Namun bedanya pada penyakit campak anak muncul gejala khas yaitu timbulnya bintik – bintik kemerahan pada beberapa bagian tubuh seperti muka, tengkuk, dan lengan atas. Bercak merah ini akan menyebabkan rasa gatal yang cukup kuat.

campak

Penyakit campak sendiri sebenarnya tidak tergolong penyakit yang mematikan, namun meskipun demikian bukan berarti Anda boleh menyepelekannya. Pasalnya penyakit ini dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh anak sehingga berpotensi menyebabkan berbagai koplikasi kesehatan anak. Parahnya lagi komplikasi yang terjadi dapat sampai menyebabkan radang paru – paru dan radang otak. Hmm.. Mengerikan bukan?

Oleh sebab itu anak yang tengah menderita campak harus di tangani dengan cara yang tepat sehingga dapat terhindar dari berbagai komplikasi yang membahayakan tersebut. Lantas bagaimana caranya? Untuk mengatasi penyakit campak pada anak Anda dapat melakukan beberapa perawat berikut dirumah sebagai langkah pertolongan awal.

6 cara merawat anak yang terkena campak

  1. Kompres anak dengan menggunakan air hangat, gunanya untuk meredakan demam yang tinggi.
  2. Usahakan untuk tidak menyelimuti anak dengan selimut yang tebal, karena slimut tebal justru akan mengganngu sirkulasi udara pada tubuh anak sehingga menyebabkan demamnya sulit mereda.
  3. Berikan asupan cairan yang cukup pada anak. Tujuannya untuk menghindarkan anak dehidrasi akibat suhu badan yang tinggi.
  4. Bersihkan tubuh anak (mandi) dengan menggunakan air hangat. Pada anak yang mengalami demam tinggi sebaiknya cukup di lap dengan dan jangan dimandikan.
  5. Untuk mengurangi rasa gatal pada tubuh anak berikan bedak khusus anak.
  6. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat – obatan yang tepat.
author