8 Akibat Obesitas pada Anak

No comment 794 views

Akibat obesitas pada anak tentu saja merupakan hal buruk yang tidak perlu lagi diragukan. Anak-anak dengan tingkatan berat badan yang tinggi akan mempunyai banyak masalah kesehatan baik masalah kesehatan mental dan fisik. Beberapa masalah kesehatan secara fisik sebagai akibat dari obesitas pada anak, akan dijelaskan secara langsung berikut ini.

Asma – Sejumlah besar anak-anak yang kelebihan berat badan memiliki risiko asma yang tinggi. Hal ini karena lemak mampu menghambat cara anak dalam bernafas.

Diabetes – Diabetes tipe 2, sebelumnya dikenal sebagai penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa. Kendati demikian, saat ini telah menjadi semakin umum di kalangan anak-anak dan remaja yang mengalami kelebihan berat badan. Sebuah studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa satu dari tiga anak Amerika yang lahir pada tahun 2000 akan mengembangkan diabetes di masa hidup mereka.

Batu empedu – Insiden batu empedu secara signifikan lebih tinggi pada anak-anak yang mengalami obesitas.

Penyakit Jantung – Indikator awal dari aterosklerosis dan juga dikenal sebagai pengerasan arteri. Bisa terjadi pada anak-anak yang sejatinya sedang mengalami obesitas. Aterosklerosis adalah penyebab paling umum dari penyakit jantung. Hal ini terkait dengan kadar kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi, serta berhubungan dengan kebiasaan makan yang buruk dan kelebihan berat badan.

Tekanan Darah Tinggi – Kegemukan anak lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi yang dapat mengganggu jantung.

Masalah hati – Orang yang mengalami obesitas berada pada risiko tinggi untuk masalah hati yang disebut steatohepatitis alkohol (NASH), sehingga dapat menyebabkan sirosis.

Masalah Menstruasi – Kelebihan berat badan dapat menyebabkan seorang gadis mencapai pubertas pada usia lebih dini. Juga, obesitas dapat menyebabkan fibroid rahim atau ketidakteraturan menstruasi di kemudian hari.

Masalah Tidur – Anak-anak yang kelebihan berat badan beresiko untuk mengalam gangguan tidur serius. Juga mereka bisa mendapatkan gangguan pernapasan yang berpotensi mengancam nyawa dan ditandai dengan gangguan singkat pernapasan saat tidur. Selama jangka waktu yang panjang, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

Itulah beragam akibat obesitas pada anak yang harus Anda ketahui sebagai orang tua.

author