Adakah Dampak Negatif Menghukum Anak?

No comment 716 views

Pernahkah Anda merasa jengkel pada si kecil? Anak dengan segala kepolosannya disatu sisi memang dapat dipandang sebagai sesuatu yang lucu dan menggemaskan. Namun disisi lain seringkali menyebabkan Anda sebagai seorang ibu merasa jengkel dan marah. Terlebih jika karena keluguannya tersebut si anak melakukan sebuah kesalahan.

Berbicara mengenai hal ini ada point penting yang harus Anda perhatikan dan pahami. Salah satunya adalah jangan pernah menghukum anak baik dalam bentuk apapun. Ketahuilah menghukum anak bukanlah jalan keluar terbaik bagi mereka yang melakukan kesalahan. Bahkan hukuman yang Anda berikan tersebut justru akan berdampak negatif bagi perkembangannya. Baik perkembangan secara fisik, emosi, maupun mentalnya.

hukum

Dampak Negatif Menghukum Anak

Seorang anak yang ketika melakukan kesalahan kemudian dihukum berpotensi mengalami berbagai tekanan emosional. Mulai dari rasa takut yang berlebihan, frustasi, hingga depresi. Berbagai masalah emosional ini kemudian akan berlanjut pada masalah – masalah lainnya. Misalnya karena adanya rasa takut dan depresi berlebihan, anak akan menjadi minder ketika bergaul dengan lingkungan atau teman sebayanya. Terlebih ketika mereka berada pada lingkungan baru yang masih sangat asing.

Selain itu rasa trauma yang terjadi akibat hukuman yang diberikan tersebut secara tidak langsung juga dapat berpengaruh pada peningkatan prestasi belajarnya. Mengapa? Pasalnya ketika anak mengalami trauma, ia cenderung akan kurang aktif dan tidak percaya diri dalam pergaulannya, termasuk ketika berada di dalam kelas. Sikap pasifnya ini kemudian juga akan berdampak pada penurunan tingkat kreatifitasnya.

Oleh sebab itu sebagai seorang ibu yang bijak, usahakan untuk menjauhi betul penyelesaian masalah dengan cara menghukum. Memberikan si kecil pengertian dan pemahaman secara halus dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan.

author