Agar Aman Dan Nyaman Berwisata

No comment 770 views

Berpergian bersama keluarga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Namun kadang bisa merepotkan dan banyak hal perlu dicemaskan.

Sebelum berpergian, ada lima hal penting yang harus Anda perhatikan agar bisa menikmati perjalanan akhir pekan bersama keluarga. Apa saja? berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari She Knows.

1. Rencanakan dengan Matang
Berpergian bersama keluarga, terutama anak-anak bisa lebih merepotkan dibandingkan berpergian sendiri atau dengan orang dewasa. Anda perlu memerhatikan hal-hal kecil namun penting seperti selimut, susu anak, popok sampai mainan. Belum lagi memikirkan hotel atau tempat menginap yang sesuai dengan anak-anak. Karena itu, rencanakan liburan jauh-jauh hari sebelumnya. Rentang waktu yang lama ini bisa Anda gunakan untuk mencatat dan memikirkan berbagai detail mulai dari hal besar hingga kecil.

2. Cegah Anak Jadi Bosan dalam Perjalanan
Anak-anak cenderung mudah merasa bosan, terutama saat dalam perjalanan. Jika sudah bosan, biasanya mereka akan banyak rewel, mengeluh dan lebih temperamental. Jangan lupa membawa buku gambar dan krayon, stiker, permainan kartu atau permainan favorit mereka untuk menghindari rasa bosan.

3. Siapkan Kotak P3K
Selalu bawa kotak P3K yang berisi perlengkapan medis ringan mulai dari antiseptik, plester, termometer, obat luka sampai obat anti mabuk perjalanan. Taruh di tempat yang terjangkau agar mudah dicari saat terjadi kecelakaan atau hal-hal darurat.

4. Buat Perencanaan Biaya
Rencanakan pengeluaran biaya perjalanan dengan matang. Simpan sebagian budget di bank dan sediakan uang tunai untuk memenuhi biaya tak terduga. Misalnya untuk membeli air minum, makan siang, cemilan atau taksi. Jika Anda berpergian ke luar negeri, sediakan satu atau dua kartu kredit yang biasanya menyediakan fasilitas potongan harga dan jaminan asuransi.

5. Bawa Dokumen Penting
Buat fotokopi dokumen-dokumen penting Anda seperti paspor (jika pergi ke luar negeri), informasi hotel tempat menginap dan kartu kredit. Buat dua rangkap, satu untuk Anda saat di perjalanan dan satu lagi titipkan pada kerabat terdekat. Hal ini untuk membantu Anda jika terjadi masalah serius selama perjalanan, seperti dokumen hilang atau kecelakaan.

Sumber: forumkami.net

author