Ajari Anak Disiplin Terhadap Sampah

No comment 878 views

kita sedang mengalami masalah besar, yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan hidup bersih. Jumlah sampah yang kian meningkat, akan membutuhkan banyak tempat. Bayangkan jika ribuan ton sampah setiap hari dihasilkan, tentu rumah kita akan penuh sampah. Belum lagi kesadaran untuk membuang sampah yang masih sangat rendah.

Perilaku sadar sampah bukan merupakan sesuatu yang instan. Perlu dibiasakan secara terus menerus, salah satunya adalah dengan mengajarkan perilaku hidup bersih sejak kecil. Memang bukan hal yang mudah awalnya untuk mengajari anak membuang sampah pada tempatnya serta memisahkan sampah. Namun, secara psikologis, anak usia dini belajar dengan menirukan orang dewasa disekitarnya.

Berdasarkan ciri perkembangan dalam masa kanak-kanak tersebut, cara terbaik untuk membiasakan anak membuang sampah peda tempatnya adalah dengan memberinya contoh dan kebiasaan keluarrga untuk disiplin membuang sampah. Hal ini tentu saja harus disukung dengan disediakan tempat sampah di rumah. Pisahkan pula antara sampah organik dengan anorganik.

Pentingnya memisahkan sampah ini karena daur ulang sampah memang telah dilakukan oleh banyak orang, namun kita masih mengalami banyak kendala. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Akibatnya banyak sampah yang tidak dapat dimanfaatkan lagi. Selain itu, pemulung akan mengaduk-aduk dan memilah sampah hingga sampah berserakan.

Selain tempat sampah yang harus dipisahkan, perlu juga untuk menarik perhatian si kecil untuk membuang sampah secara tertib. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan tempat sampah dengan bentuk-bentuk menarik. Selain membuang sampah pada tempatnya masih banyak lagi karakter yang harus ditanamkan pada anak usia dini Denagn berbagai cara menanamkan karakter mulia pada anak.

author