Ajari AnakKeamanan Menggunakan Internet

No comment 1580 views

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa generasi sekarang adalah generasi yang tidak dapat terlepas lagi dari internet. Internet kini menjadi sesuatu yang faungsionable untuk segala usia, termasuk anak-anak. Banyak hal yang dapat dikerjakan melalui internet, mulai dari mencari hiburan, bersosialisasi, berkirim pesan, mencari informasi, berbelanja, mengerjjakan tugas, dan sebagainya.

Internet merupakan dunia yang tanpa batas. Semua orang dari semua negara dapat mengaksesnya. Hal ini pun akan mengakibatkan kejahatan melalui internet semakin merajalela Kejahatan ini mengancam semua pengguna internet termasuk putra-putri anda. Oleh karena itu, mengajari anak cara menjaga keamanan ketika menggunakan internet menjadi suatu hal yang perlu. Berikut adalah tipsnya:

anak cerdas1

  1. Jangan menyebarkan atau menuliskan data pribadi seperti nama, alamat, no telpon, usia, agama, dan sebagainya kepada sembarang situs. Beri tahu anak untuk ijin terlebih dahulu kepada orang tua.
  2. Jangan memberitahukan password kepada orang lain termasuk temna.
  3. Jangan bertemu dangan orang yang belum dikenal secara nyata (kenalan di dunia maya). Hal ini sangat rawan penculikan dan kekerasan seksual.
  4. Laranglah anak Anda untuk merespon percakapan yang membuat tidak nyaman. Mintalah untuk melapor kepada orang tua jika hal itu terjadi.

Selain mengajarkan keamanan menggunakan internet, Anda juga perlu mengetahui pedoman menggunakan internet sesuai usia anak.

author