Akibat Gangguan Pemenuhan Nutrisi pada Anak

No comment 495 views

Gangguan pemenuhan nutrisi adalah sebuah hal yang sering terjadi dan menimbulkan problematika serius pada seorang anak. anak-anak sudah seharusnya mendapatkan tingkat nutrisi terbaik karena tubuh mereka terus tumbuh serta berkembang dengan sangat pesat. Sebuah pola makan yang buruk akan memberikan efek jangka panjang yang sangat serius pada anak dan sudah seharusnya dihindari. Berikut ini adalah beberapa bagian penting sebagai akibat gangguan pemenuhan nutrisi pada anak.

Tulang anak yang lemah

Tulang anak sangat membutuhkan nutrisi dan menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan. Kekurangan gizi membuat anak menemukan jumlah yang tidak cukup terhadap vitamin D, kalsium, fosfat, dan magnesium. Akibatnya, tulang mereka tidak mampu mencapai berat tulang normal dan kepadatan tulang sangatlah buruk.

Anemia

Jika anak Anda tidak makan zat besi dalam jumlah yang cukup maka mereka bisa mendapatkan anemia. Makanan yang mengandung zat besi dan paling mudah ditemukan adalah telur dan bayam. Dengan adanya anemia, maka anak anda akan mengalami gangguan banyak aktivitas. Gejala anemia yang biasanya terjadi adalah lesu, letih, sesak napas, nafsu makan yang buruk, serta psikisnya yang kurang baik.

Kegemukan atau obesitas

Gangguan pemenuhan nutrisi tentu saja bukan hanya kekurangan nutrisi namun juga bisa kelebihan nutrisi. Kebanyakan orang tua ingin melihat anaknya tumbuh dengan sehat sehingga beragam jenis makanan terus dihidangkan termasuk makanan cepat saji. Akibat pengkonsumsian makanan yang berlebih tersebut, seorang anak telah mendapatkan tingkat kegemukan yang sangat tinggi serta mengalami beragam masalah kesehatan. Setidaknya, ada masalah kesehatan berupa penyakit jantung, gangguan tidur, diabetes tipe 2, dan kelainan sendi serta tulang. Untuk itu, amat dianjurkan untuk memberikan asupan makanan sehat dengan takaran yang cocok kepada anak agar berat badannya mampu terkontrol secara baik.

Kerusakan gigi

Makanan yang mengandung gula mampu memberikan kerusakan gigi pada anak. ini adalah gangguan pemenuhan nutrisi yang sangat sering terjadi pada anak dan memberikan mereka penderitaan jangka panjang berupa rasa sakit dan keluhan.

Itulah beragam akibat gangguan pemenuhan nutrisi pada anak anda yang sudah seharusnya dihindari.

author