Amankah Imunisasi bagi Anak?

No comment 988 views

Imunisasi sering dimaknai sebagi tindakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap berbagai berbagai penyakit berbahaya akibat virus dan bakteri. Imunisasi umumnya dilakukan dengan memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan kedalam tubuh anak agar dalam tubuhnya terbentuk antibody yang kebal terhadap jenis penyakit yang sama.

Namun banyak orang tua masih merasa bimbang terkait keamanan imunisasi itu sendiri. Anamkah imunisasi untuk anak? Masalah imunisasai sendiri sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang tak kunjung usai, mengenai aman tidaknya serta perlu tidaknya dilakukan pada anak. Menyangkut masalah aman atau tidaknya imunisasi bagi anak ini tergantung oleh berbagai faktor. Misalnya kondisi anak ketika diimunisasi serta tingkat pengetahuan tenaga medis yang melakukannya.

imunisasi

Imunisasi sebagai tindakan preventive untuk mencegah berbagai penyakit memang sudah terbukti ampuh dapat menyelamatkan banyak jiwa dari serangan penyakit berbahaya. Namun disi lain, Imunisasi yang awalnya bertujuan baik, dapat menjadi malapetaka jika kondisi tubuh anak tidak dalam keadaan normal. Dengan demikian memungkinkan bibit penyakit lemah yang dimasukkan akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Begitu pula ketika tenaga medis yang melakukan imunisasi kurang berkompetensi, hasilnya justru akan berbahaya.

Oleh sebab itu jika Anda ingin melakukan imunisasi pada si kecil, Anda harus terlebih dulu memperhatikan kondisi kesehatan dan kesiapan anak. Berkonsultasi ke dokter spesialis anak tentu akan sangat membantu Anda. Di Indonesia sendiri imunisasi menjadi program pemerintah yang sangat dianjurkan kepada setiap anak. Namun untuk melaksanakannya atau tidak tentu kembali ke Anda sebagai orang tua.

author