Amankah KB Sebelum Punya Anak?

No comment 6931 views

Menunda kehamilan sah-sah saja dilakukan apalagi di saat ini dimana tuntutan pekerjaan yang tiada habisnya serta adanya peraturan tertentu yang melarang untuk hamil. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencegahnya adalah menggunakan pil KB dimana pil ini mengandung formula yang dirancang secara khusus untuk menundanya. Namun, perlu diketahui apakah dengan cara tersebut amankah KB sebelum punya anak terutama tatkala pasangan memutuskan untuk segera hamil.

Penggunaan kontrasepsi atau biasa disebut dengan pil KB adalah memasukkan hormon tambahan ke dalam tubuh. Tentu, dengan adanya tambahan tersebut dipastikan seseorang tidak bisa hamil atau ovulasi tidak akan terjadi. Kemudian, terjadi perubahan pada kondisi rahim terutama pada dinding rahim dimana sperma tidak dapat menempel. Dan yang terakhir adalah pil KB dapat mengubah kekentalan lendir vagina sehingga mengurangi gerak sperma.

amankah kb sebelum punya anakNah, seperti pertanyaan diatas tadi, apabila pasangan menikah menginginkan anak kemudian tidak lagi mengkonsumsi KB, apakah bisa langsung terjadi? Tentu, secara fisik belumlah terbukti jika wanita tersebut memiliki organ reproduksi yang normal. Bahkan, kemampuannya untuk hamil pun masih dipertanyakan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk hamil dan salah satunya adalah efek dari penggunaan KB. Adanya hormon tertentu yang masih melekat pada tubuh membuat kondisi ini bisa terjadi. Pembentukan antibodi terhadap sperma akan terus terbentuk yang semakin lama jumlah atau kadarnya juga semakin tinggi. Akibatnya, sulitnya mendapatkan keturunan menjadi hasil akhir yang ditakutkan.

Untuk itu, melakukan beberapa tindakan pengobatan adalah langkah yang tepat. Hal ini bisa dimulai dari diskusi yang dilakukan secara medis dimana terapi atau pun jenis obat-obatan yang dapat dikonsumsi dapat disarankan. Tak hanya itu, mengubah pola serta gaya hidup juga sangat memberikan kontribusi yang cukup besar.

Pilihlah sayuran hijau dan buah segar untuk dikonsumsi setiap hari yang tujuannya untuk menghilangkan racun yang melekat pada tubuh akibat penggunaan KB. Tak lupa juga, minum air putih dan melakukan olahraga secara teratur dipercaya mampu menguranginya.

Jadi, sebaiknya bekali diri dengan informasi sebelum memutuskan untuk menggunakan KB. Masih bingung dengan jawaban amankah KB sebelum punya anak?

author