Anak Sering Rewel Pada Malam Hari

No comment 578 views

Orang tua yang mau menenangkan anaknya yang sedang menangis, khususnya ibu juga harus dalam keadaan tenang, tidak panik. Karena bagaimanapun juga, apa yang sedang dirasakan si ibu sangat dirasakan oleh si kecil. Biasanya kalau ibunya gelisah, anak juga akan ikut rewel.

Untuk menenangkan si kecil ketika menangis pada malam hari, usahakan Anda tahu penyebabnya. Misalnya lapar, popoknya basah, demam, merasa ketakutan, kecapaian/kelelahan atau penyebab yang lainnya.

Bagaimana cara menghentikan tangisan bayi pada malam hari? Langkah berikut yang bisa anda lakukan.

1.  Peluklah si kecil hingga ia merasa nyaman dan aman. Kemudian usap-usaplah dengan sedikit tekanan pada perutnya. Boleh gunakan minyak telon sebagai penghangat.
2.  Bila Anda mudah lelah, gendong si kecil dengan menggunakan alat gendong bayi. Upayakan bayi sedekat mungkin berada dalam dekapan Anda sehingga terjadi kontak kulit ke kulit antara Anda dan bayi.
3.  Pastikan keperluannya terpenuhi. Kalau ia lapar, segera susui. Atau, jika popoknya basah, segera ganti.
4.  Menenangkan bayi dengan memangkunya sambil duduk di kursi goyang juga dapat dilakukan. Bayi senang diayun-ayun, apalagi sambil dipeluk. Bila perlu, pergilah bermobil dengan bayi agar ia tenang kembali. Tapi berhati-hatilah, bisa menjadi kebiasaan pada si kecil, ketika menangis harus diajak muter-muter dengan mobil/motor baru menangisnya reda atau berhenti.
5.  Bila menangisnya karena kolik dan terjadi menjelang sore, Anda bisa langsung memandikannya dengan air hangat sambil mengusap-usap perutnya agar si bayi merasa relaks.
6. Jangan sekali-kali meninggalkan bayi saat ia menangis. Biasanya tangis bayi akan berkurang bila ia merasakan kehadiran ibunya pada saat menangis.

Sumber: blogspot.com

author