Anak terlambat bicara

No comment 899 views

Berapa usia anak Anda sekarang? Sudahsampai tahap apakah bicaranya? Apakah normal atau mengalami keterlambatan bicara?

Beberapa Ibu mengeluhkan anaknya belum dapat bicara pada usia 2 atau 43 tahun. Keterlambatan bicara hingga usia yang dapat dikatakan sudah sangat terlambat ini sebagian karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang tahap-tahap bicara anak sesuai dengan usianya, seta masih memiliki anggapan “besok anak pasti bisa bicara sendiri pada waktunya”.

Mindset seperti itu perlu diubah karena semakin lama keterlambatan anak akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan meraka. Bukan hanya itu, hal ini juga akan mempenngaruhi prestasi belajar, serta kehidupan sosial anak. Oleh karena itu, Bunda perlu memahami tahap perkembangan bicara anak berdasarkan usia, sebagai berikut:

Usia 0-6 bulan

Setelah lahir, anak hanya akan menangis untuk menyatakan keianginannya. Usia 2-3 bulan anak sudah mulai dapat melakukan “cooing.” Cooing adalah bayi mulai dapat mengeluarkan suara-suara seperti “uuh” dan “aah”. Pada usia 3 bulan, bayi sudah dapat mencari sumber suara misalnya menengok pada orang yang mengajaknya bicara.

Pada usia 6 bulan bayi sudah dapat menyebut namanya sendiri dan mengenali emosi dalam nada bicara. Pada usia ini anak mulai “babbling” yaitu anak bisa mulai mengucapkan “papapapapa” atau “dadadada”.

Hal yang perlu diperhatikan pada tahapan ini adalah ketika anak belum bisa melakukan babbling.

duduk

Simak juga masa perkembangan bicara serta hal yang perlu diperhatikan saat anak berusia 6-12 bulan.

 

author