Andil Makanan dalam Masalah Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini

Kesehatan dan gizi anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua sebagai pihak yang bertanggung jawab atas perkembangan dan pertumbuhan anak. Gizi dan kesehatan merupakan dua hal utama yang sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak baik secara fisik, motorik, atau kecerdasan. Anak yang mendapatkan asupan gizi yang baik dan seimbang tentu akan dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkualitas. Sedangkan jika kebutuhan gizi dan kesehatannya tidak dipenuhi maka dapat menimbulkan potensi anak tumbuh dibawah garis normal.

Gizi dan kesehatan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat dimana ada hubungan saling mempengaruhi diantara keduanya. Jika asupan gizi seorang anak diusia dini baik tentu tingkat imun tubuhnya juga akan baik, yang artinya kesehatan anak tersebut dapat terus terjaga.

kesehatan dan gizi

Oleh karena begitu pentingnya kesehatan dan gizi anak usia dini, maka kedua hal ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Namun bagaimana caranya? Untuk melakukan hal ini tentu ada banyak hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh orang tua, salah satunya adalah makanan.

Makanan memiliki andil yang sangat besar dalam masalah kesehatan dan gizi anak usia dini. Oleh sebab itu orang tua harus cerdas dalam memilih dan memilah jenis makanan yang akan diberikan pada anak. Menu makanan dengan kandungan lengkap 4 sehat  5 sempurna tentu menjadi standar minimal yang harus diberikan pada anak setiap harinya. Selain itu pola makan yang diterapkan kepada anak juga harus tepat. Orang tuapun juga harus memperhatikan betul masalah kebersihan dan kesehatan makanan yang disajikan, karena makanan yang terkontaminasi bakteri atau kuman tentu akan membahayakan tubuh si kecil.

Untuk itu memperhatikan dan menerapkan pola makan yang baik pada anak usia dini merupakan salah satu kunci sukses untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi anak. Dengan demikian diharapkan anak akan dapat tumbuh dengan sehat dan cepat sesuai dengan tahapan perkembangannya.

author