Apa Benar Bentuk Perut Ibu Hamil Tentukan Jenis Kelamin?

Tidak sedikit mitos yang beredar di masyarakat bahwa ukuran bentuk perut hamil menentukan jenis kelamin. Ada yang mengatakan jika perut terlihat bundar sempurna dan membesar ke atas, itu artinya sedang mengandung bayi perempuan. Sebaliknya jika perut membesar ke bawah, janin yang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Pertanyaannya adalah apakah itu benar?

Begitu juga dengan patokan akan berat badan bayi saat dilahirkan. Ada yang memang memiliki ukuran kecil padahal usia kehamilan semakin bertambah dan begitu juga sebaliknya. Namun, yang perlu diwaspadai adalah ukuran perut yang cenderung terlalu besar karena bisa jadi sang ibu mengalami diabetes gestasional. Yang pasti, bentuk perut ibu hamil berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Bentuk Perut Ibu Hamil dan Jenis Kelamin adalah Mitos Yang Berkembang

bentuk perut ibu hamilNah, kembali kepada mitos tersebut apakah bentuk perut ibu hamil dapat memprediksi jenis kelamin atau tidak. Kalau dilihat secara sejarah, mitos ini berawal dari kepercayaan kuno rakyat Inggris yang mengatakan jika anak laki-laki maka kecenderungan perut akan lebih ke bawah.

Hebatnya lagi, tak sedikit yang percaya bahwa perubahan fisik yang terjadi saat mengandung pun kerap dijadikan sebagai patokan. Seperti membesarnya payudara sebelah kanan maka diindikasi janin yang dikandung adalah laki-laki. Atau, jika si ibu hamil malas untuk membersihkan diri atau mandi setidaknya dua kali sehari, maka bayi nanti akan berjenis kelamin laki-laki. Atau, jika rambut kaki ibu semakin tebal maka anak laki-laki akan segera dimiliki.

Sayangnya, kenyataan tersebut sampai saat ini tidak ada yang dapat membuktikan kebenarannya. Entah itu melalui perubahan fisik hingga bentuk perut ibu hamil untuk mengetahui jenis kelamin. Bahkan, dengan menggunakan peralatan medis yang canggih sekalipun belum tentu memberikan kepastian. Karena tidak sedikit kasus yang pada awalnya sudah diprediksi berjenis kelamin laki-laki namun ketika bayi lahir justru perempuan.

Nah, sebagai orang tua yang bijak, tentu menerima jenis kelamin apapun merupakan langkah yang tepat. Yang harus diperhatikan adalah kesehatan janin dan ibu hamil dengan memberi nutrisi yang cukup dan memastikan bentuk perut ibu hamil normal.

author