Apa Penyebab Bayi Susah Tidur? Baca disini

No comment 540 views

Penyebab bayi sudah tidur tentu saja begitu beragam dan menjadi hal yang sebaiknya diketahu oleh setiap orang tua. Tumbuh kembang bayi terkadang memunculkan hal-hal yang  membuat kita bingung. Orang tua akan menemukan beberapa hal seperti bayi suah tidur, susah makan, dan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Khusus untuk susah tidur, kita akan membahasnya disini. Berikut daftar penyebab bayi susah tidur yang bisa anda ketahui.

Lapar serta haus

Jika bayi anda telah mencapai usia yang cukup, maka silakan memberikannya makanan pendamping. Cara ini dilakukan agar ia tidak mendapatkan gangguan ketika tidur sehingga mempersulit tidurnya. Namun, apabila usianya belum cukup untuk mendapatkan makanan pendamping, cobalah untuk memberikan susu formula atau ASI sesuai dengan takaran usianya.

Sedang mengalami pertumbuhan gigi

Seorang bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi, akan mendapatkan rasa yang tidak nyaman bahkan ia bisa mengalami demam namun pada kategori yang tidak parah. Ini diarenakan karena terdapat sebuah benda yaitu gigi yang sedang menembus gusinya serta membuatnya tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas termasuk tidur.

Tidur siang yang berlebih

Seorang bayi yang mempunyai tidur siang dalam waktu cukup lama maka jam tidurnya di malam hari bisa terganggu. Ia cenderung tidak ingin tidur dan memilih melakukan aktivitas secara terus-menerus. Oleh karena itu, berikan tidur siang pada bayi anda secukupnya agar ia tidak begadang karena mampu menganggu kesehatannya.

Gigitan nyamuk pada bayi

Tentu saja anda harus hati-hati dengan nyamuk karena bisa menganggu kapan saja dan dimanapun bayi anda tidur. Cobalah berikan bayi lotion anti nyamuk secara teratur yang khusus untuk bayi saja. Jika perlu, disarankan untuk memasang selambu khusus dan berikan pula sirkulasi udara yang cukup di ruangan bayi agar ia tidak kepanasan. Jangan biarkan nyamuk masuk ke dalam tempat tidur bayi dan kemudian mengigitnya. Karena selain menjadi penyebab bayi susah tidur, nyamuk juga bisa menimbulkan penyakit seperti demam berdarah.

author