Apa saja gejala penyakit jantung bawaan?

No comment 1203 views

Hingga kini, para ahli belum menemukan secara pasti penyebab penyakit jantung bawaan. Beberapa diantaranya menduga penyakit mematikan ini dipengaruhi oleh struktur jantung yang tidak sempurna karena gangguan di awal pembentukan organ jantung pada janin. Ketidak sempurnaan struktur jantung ini dapat dikarenakan ibu hamil yang mengkonsumsi obat-obatan, minuman keras, merokok, stress, dan tidak merawat kehamilannya.

Oleh karena penyakit ini berbahaya, maka perlu adanya upaya penanganan dini. Untuk dapat melakukan penanganan dini, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab penyakit jantung bawaan ini. Sebenarnya cirinya tergantung pada tipe PJB tersebut. Deteksi gejala PJB sejak kecil, sebenarnya sudah dapat dilakukan dengan mengamati erat badan sulit naik atau infeksi saluran napas berulang sehingga tidak terdeteksi hingga dewasa.

harmonis

Sebenarnya mendeteksi gejala PJB pada bayi cukup sulit. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah dan sistem pernapasan masih mengalami transisi dari masa janin ke periode pascalahir. Akan tetapi untuk anak-anak dan dewasa, dokter biasanya mencurigai adanya PJB bila mendeteksi adanya tanda/gejala gagal jantung, kebiruan, ataupun mendengar kelainan bunyi atau bising jantung.

Deteksi PJB dini ini perlu, agar dapat diketahui langkah apa yang harus dilakukan. Ada dua pilihan, yaitu dilakukan operasi atau hanya pemantauan hingga dewasa.

Selain penyakit jantung bawaan, masih banyak lagi penyakit dan cara penangannya yang perlu Anda ketahui.

author