Apa Saja Makanan yang Sehat Untuk Ibu Hamil 1-2 Bulan?

Makanan buat ibu hamil? Pertanyaan klasik yang sering hinggap dipikiran bumil (ibu hamil) di usia kehamilan 1-2 bulan. Apalagi saat kehamilan pertama, bumil pasti akan menjaga baik-baik kehamilan pertamanya itu dan berusaha agar semuanya berjalan dengan lancar.

Oya. Sebelumnya, kami ucapkan selamat atas kehamilannya ya.. Jangan pernah menyerah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari walaupun tiap hari selalu merasa mual dan muntah pada 3 bulan pertama. Makanan sehat untuk ibu hamil 1-3 bulan sangat penting karena janin yang baru mulai tumbuh memerlukan berbagai vitamin dan mineral agar janin bisa berkembang dengan baik.

Hati-hati tentang mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat. Yang benar yaitu makan 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak. Asupan kalori yang berlebihan dapat membuat tubuh kegemukan bila kita makan terlalu banyak. Bumil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi yang gemuk. Justru ibu hamil sendiri yang susah untuk diet menurunkan berat badan setelah melahirkan nanti.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Lalu, bagaimana cara mengatur asupan gizi pada ibu hamil? Sebaiknya kita mengatur makanan yang kita makan, agar “tepat sasaran”. Apa maksudnya? Maksudnya adalah, kita makan sesuai dengan tahapan pertumbuhan janin. Lebih lengkapnya, kita bahas makanan sehat untuk ibu hamil disini.

Pada umumnya, kehamilan baru diketahui saat janin berusia 4 minggu. Waktu itu, calon bayi bunda masih berupa embrio. Multivitamin untuk bumil yang mengandung minimal 400mcg folic aid sangat cocok untuk dikonsumsi bumil karena zat ini berfungsi mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida pada bayi. Spina Bifida adalah penyakit pada bayi, tulang belakang tidak tertutup dengan sempurna.

Ternyata folic acid tidak hanya terdapat pada multivitamin, folic acid juga terdapat pada wortel, kol, kembang kol, kacang kedelai, jagung, jambu klutuk, jeruk, alpukat, brokoli dan lain-lain.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, makanan sehat untuk bunda harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Yaitu :

  • Karbohidrat, misalnya nasi, kentang, roti dan lain-lain.
  • Sayur-sayuran, utamakan yang hijau-hijau.
  • Buah-buahan, jangan makan buah nanas.
  • Protein, misalnya ayam, telur, sapi, tahu, tempe.
  • Produk susu, misal yogurt, susu dan keju.

Nah bagaimana bunda? Sudah tau apa saja makanan untuk ibu hamil? Mudah bukan, hanya mengikuti pola 4 sehat 5 sempurna saja :)

author