Apa Saja Penyebab Kanker Mata Pada Anak?

No comment 2838 views

Kanker mata pada anak merupakan sebuah kanker yang terjadi pada retina. Kita tentu mengetahui bahwa retina merupakan tempat yang berfungsi sebagai penerima cahaya, dan bagian retina merupakan bagian yang sangat peka terhadap cahaya. Kanker mata tentu bisa menyerang siapa saja dan tidak terkecuali anak-anak. Bahkan, kanker mata dapat mengakibatkan kebutaan dan juga kematian.

Sejatinya, apa saja penyebab kanker mata pada anak? Penyebab kanker mata pada anak yang paling utama adalah karena faktor genetic dimana anak bisa meningkatkan risiko hingga 45 persen apabila ada salah satu dari orang tua mereka yang terkena kanker mata. Kemudian, penyebab lainnya bisa berupa lingkungan, pengaruh sinar matahari, dan zat kimia yang ada di sekitar anak.

Pencegahan kanker mata pada anak

Kanker mata merupakans alah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan sehingga cara yang paling utama adalah mencegahnya. Berikut adalah teknik pencegahan kanker mata pada anak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker mata pada anak :

  • Mengenali gejala kanker mata pada saat anak baru terkena penyakit tersebut. kanker mata yang masih berusia dini atau masih dalam tahap stadium awal biasanya masih dapat disembuhkan. Apabila orang tua tidak mengetahui gejala kanker mata dan kemudian mereka terlambat menyadarinya, maka anak akan sulit untuk disembuhkan.
  • Jaga pola makan anak anda. usahakan untuk terus selalu mencukupi kebutuhan gizi berupa vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.
  • Perhatikan bahan kimia yang ada disekeliling anak terutama yang berkaitan dengan sabun dan shampoo. Gunakanlah shampoo dan sabun yang aman dan terpercaya.
  • Selalu jauhkan anak dari radiasi sinar x, radiasi handphone, serta komputer. Juga, anda disarankan untuk terus menjaga kebersihan anak.

Gejala kanker mata pada anak

Beberapa gejala kanker mata pada anak yang patut untuk anda ketahui adalah sebagai berikut.

  • Munculnya bintik putih di bagian bola mata warna hitam
  • Mata merah, warna mata berlainan, dan terasa nyeri
  • Mata yang juling atau bola mata yang semakin besar

Itulah beberapa gejala, pengertian, dan penyebab kanker mata pada anak yang harus anda ketahui.

author