Apa sih Autisme Itu?

No comment 587 views

Istilah autism tentu sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Yap autism sendiri sering dimaknai sebagai suatu keterbelakangan yang menyebabkan seorang anak tumbuh secara tak normal atau lebih lambat dibanding dengan tahapan normal yang seharusnya dicapai.

Namun apa sih sebenarnya autism itu? Menurut dunia kesehatan dan psikologi anak, autism merupakan suatu kelainan yang terjadi pada perkembangan sistem saraf anak yang dapat dialami sejak lahir maupun ketika pada masa anak usia dini (balita). Seorang anak yang mengalami autism umumnya ditandai dengan masalah perkembangan yang lamban, kesulitan berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

autis

Autisme dapat dikategorikan sebagai salah satu ketidaknormalan perkembangan yang termasuk dalam kelainan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD) serta termasuk dalam kategori gangguan perkembangan pervasif  atau pervasive development disorder (PDD). Namun meskipun tergolong dalam masalah gangguan perkembangan sistem saraf, autisme bukanlah suatu gangguan kejiwaan. Autisme lebih kepada gangguan perkembangan saraf yang berhubunngan dengan kemampuan otak sehingga menyebabkan otak tidak dapat berfungsi sebagaimana normalnya.

Autisme ini merupakan gangguan perkembangan anak yang memiliki frekuensi cukup besar di dunia.  Menurut UNESCO pada tahun 2011 prevalensi anak penyandang autisme di dunia adalah 6 diantara 1000 orang anak. Sedangkan di Indonesia sendiri menurut catatan tahun 2013 anak yang mengalami auitisme mencapai 112.000 anak.

author