Apa Sih Penyebab Balita Susah Makan?

No comment 646 views

Anak saat berusia 5-7 bulan, biasanya sangat lahap untuk makan. Namun pada saat usia 11 bulan keatas, biasanya bunda akan sedikit kebingungan, karena anak mulai sedikit susah untuk diajak makan. Terkadang anak sudah tidak mau makan, kadang hanya makan sedikit, atau alasan lainnya. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab balita susah makan? Nah, TipsAnak kali ini akan memberikan beberapa kemungkinan penyebab balita susah makan.

1. Selera Makan Sudah Berubah

Anak balita semakin besar biasanya rasa ingin tahunya semakin besar. Oleh karena itu mereka sudah mulai mempunyai selera makan sendiri. Nah, untuk mengatasinya, berilah makanan yang memiliki rasa, agar si balita tidak bosan dengan rasa tawar.

Balita Susah Makan

Ilustrasi : Balita Susah Makan

2. Sedang Sakit

Terkadang pada saat anak sakit, akan lebih susah untuk makan. Biasanya anak yang semula aktif, riang, tapi pada sat sakit akan terlihat lesu, lemas, dan malas-malasan. Disarankan untuk bunda agar memeriksakan balita ke dokter.

3. Cari Perhatian

Terkadang jika balita di suapi oleh pengasuh makan dengan lahap, dan disuapi oleh ibunya terkadang berontak, tandanya anak bunda sedang mencari perhatian.

Sebenarnya masih ada cukup banyak penyebab lainnya. Namun TipsAnak selain memberikan penyebabnya, akan sedikit memberikan tips untuk mengatasi masalah tersebut.

– Variasikan hidangan pada anak Anda. Anda bisa memvariasikan dari rasa, bentuk penyajian, hingga menunya.

– Kenalkan dengan lauk pauk yang bisa Anda variasikan. Anda bisa mulai mengenalkan kacang-kacangan, ikan, daging sapi, dan lain sebagainya. Sehingga anak akan bereksplorasi rasa yang disukainya.

– Bangunlah suasana menyenangkan saat makan. Jika balita Anda suka makan dengan mendengarkan musik, kenapa tidak?

Nah, itulah beberapa penyebab balita susah makan serta bagaimana menanganinya. Oke bunda, semoga bermanfaat bagi Anda yah.

author