Apa Sih Penyebab Bayi Sering Gumoh?

No comment 1053 views

bayi sering gumohRasa panik dan khawatir selalu dirasakan oleh para orang tua tatkala melihat si kecil mengalami gumoh. Padahal, hal ini sebenarnya tak perlu ditakutkan secara berlebihan karena gumoh ini sendiri memang sering terjadi pada setiap bayi. Biasanya, terjadi di usia bayi sekitar 12 hingga 16 minggu dan akan berhenti seiring dengan pertambahan usia atau mencapai 12 bulan.

Tidak sedikit para ibu menyakini bahwa muntah itu sama dengan gumoh. Tentu saja, pemikiran ini salah dikarenakan keduanya jelas-jelas berbeda satu dengan yang lainnya. Bayi gumoh cenderung spontan dan pasif dan jumlah cairan yang dikeluarkan cenderung sedikit atau bisa juga banyak. Berbeda dengan muntah, dimana cairan yang keluar sudah pasti banyak dan terjadi kontraksi otot perut.

Nah, yang menjadi persoalan bagi para ibu adalah mengapa bayi sering gumoh agar diketahui solusi atau tindakan yang harus dilakukan. Tak usah cemas, berikut ini penyebab terjadinya hal tersebut seperti :

•    Sulit Mengunyah
Kecenderungan mereka suka minum susu dan sulit untuk menelan makanan yang sulit dikunyah, kerap membuat bayi sering gumoh. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada kemampuan si kecil untuk menelan atau mengunyah.

•    Menangis Berlebihan
Saat menyusu tak jarang si kecil menangis. Biasanya, tangisan ini akan membuat udara ikut tertelan secara berlebihan berbarengan dengan air susu. Sebaiknya, ibu tidak memberikan ASI atau pun susu karena bisa mengakibatkan si kecil sulit bernafas.

•    Volume Lambung Kecil
Susu atau ASI yang diberikan melebihi kapasitas lambung si kecil. Biasanya ini terjadi karena makanan belum sampai ke usus namun tetap diisi oleh makanan lagi.

Mengatasi Si Kecil dari Gumoh

Setelah diketahui apa yang menjadi penyebab bayi sering gumoh, maka tindakan yang harus dilakukan adalah memastikan untuk memberi asupan makanan atau ASI atau susu sesuai dengan kapasitasnya. Sedikit namun sering itu lebih baik dibandingkan memberi dalam jumlah banyak.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah menyendawakan bayi dengan cara memposisikan bayi dalam keadaan duduk tegak dan menopangnya pada salah satu tangan. Sementara, tangan ibu yang satu lagi menepuk punggung secara perlahan agar ia bersendawa. Jadi, jangan khawatir atau takut bila bayi sering gumoh.

author