Apa sih Penyebab bayi stress?

No comment 533 views

Bayi dapat mengalami stress umumnya ketika ia mengalami apa yang tidak ia sukai. Gejalanya dapat bermacam – macam, mulai dari menangis, rewel, ingin selalu digendong, murung, tidak mau makan, hingga selalu gelisah ketika tidur. Namun apa sih sebenarnya yang dapat menyebabkan bayi mengalami stress?

bayi stress

Beberapa penyebab bayi mengalami stress

  • Kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik. Misalnya ketika ia merasa lapar atau haus namun Anda tidak segera memenuhi kebutuhan makan dan minumnya. Terlebih ketika si bayi sering Anda tinggal dalam waktu yang cukup lama untuk bekerja.
  • Kondisi keluarga yang tidak kondusif. Misalnya ketika ayah dan ibu sering bertengkat atau berbicara dengan nada keras dan kasar. Meskipun bayi belum mengarti apa yang sebenarnya terjadi namun secara psikologis ia akan terganggu. Padahal di usianya yang masih kecil ia membutuhkan kasih sayang dari keduanya dan kondisi rumah yang hangat.
  • Masalah kesehatan. Kondisi tubuh bayi yang kurang sehat bisa saja menjadi penyebab bayi mengalami stress. Ia merasakan sakit pada bagian tertentu tubuhnya namun ia tidak mampu mengungkapkannya. Nah jika kemudian Anda atau pengasuh bayi kurang peka terhadap masalah ini bayi biasa saja mengalami stress.
  • Sering berganti – ganti lingkungan. Misalnya sering pindah rumah atau berganti – ganti pengasuh. Lingkungan baru yang ia dapatkan belum tentu akan ia terima dengan baik. Ia memerlukan waktu adaptasi untuk dapat mengenal dan menyatu dengan lingkungan barunya. Nah dalam masa adaptasi inilah ia riskan terhadap stress.
author