Apa yang Harus Dilakukan jika Anak Mengalami Kesulitan Belajar?

Sebelumnya telah kita bahas mengenai tanda-tanda anak kesulitan belajar dan juga bentuk-bentuk kesulitan belajar yang kerap kali terjadi pada anak. Sangat perlu bagi Buda untuk sering memantau aktivitas akademik anak, karena ini sangat berhubungan dengan masa depan mereka. Untuk mempermudah diagnosis ini, Bunda dapat meminta guru untuk turut memantau dan mengecek nilai-nilai anak yang ada pada catatan guru.

Diagnosis dini ini akan mempercepat anak keluar dari masalah kesulitan belajar. Jika hal ini tidak segera dilakukan, anak akan semakin malas dan membuat pemikiran sendiri bahwa belajar adalah sesuatu yang berat, tidak menyenangkan, dan stress. Belum lagi tanggapan dar orang-orang disekitarnya yang melabeli anak tersebut “bodoh”, “nakal”, atau “malas”, yang justru akan membuat anak tidak lagi percaya diri untuk bangkit.

Hal yang perlu Bunda lakukan jika menemui anak mengalami kesulitan belajar adalah segera meminta bantuan dokter anak, psikolog, guru, dan terapis. Konsultasikan anak untuk mendapatkan treatment yang disepakati bersama. Buatlah jadwal anak dan terapis untuk melakukan bimbingan belajar sesuai dengan kebutuhan.

belajar3

Gangguan belajar pada anak sangat mungkin disembuhkan, walaupun dalam proses lama. Akan tetapi, satu hal yang perlu Bunda yakini bahwa anak memiliki bakat masing-masing. Jika akademiknya memang kurang baik, tentu anak tersebut memiliki bakat lain. Oleh karena itu, Bunda juga harus menggali dan menemukan cara untuk mengembangkan bakat-bakat-bakat anak.

author