Apa yang terjadi ketika anak sering bersin di pagi hari?

Pernahkah mendapati si kecil bersin-bersin setelah bangun tidur? Atau malah itu terjadi setiap hari? Bersin, pilek, hidung gatal atau mampet mrupakan salah satu gejala rinitis (pilek). Rinitis ini banyak menyerang manusia dari anak-anak hingga dewasa. Menurut Diana dalam IDAI, angka kejadian rhinitis alergi di dunia bervariasi dan dapat mencapai 40% populasi pada anak, dan sekitar 10-30% dewasa.

Keluhan yang biasa dirasakan anak ketika terjadi penyakit Rhinitis ini antara lain peradangan pada daerah hidung yang dapat menyebabkan keluarnya sekret/lendir (pilek), rasa gatal, bersin, dan hidung buntu. Mata merah, gatal, dan berair juga biasa dikeluhkan penderitanya. Keluhan-keluhan lainnnya antara lain mimisan, tidur mengorok, gangguan pada telinga, sakit kepala apabila terjadi komplikasi sinusitis.

Rhinitis ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, akan tetapi akan disertai juga dengan akibat tidak langsung. Misalnya saja ketika anak mengalami rhinitis, pada malam hari tidurnya akan terganggu karena hidung mampet pada malam harinya. Akibatnya anak akan merasa ngantuk ketika belajar disekolah.

pilek

Pemicu utama rhinitis di Indonesia adalah debu, bulu binatang, kecoa, dan kotoran lainnya. Selain itu, perlu juga diperhatikan ada tidaknya riwayat alergi dalam keluarga, kaerna penyakit ini bisa menurun. Setelah mengetahui sebenarnya penyebab anak sering bersin dipagi hari, ketahuilah juga cara menangani anak yang mengalami rhinitis.

 

 

author