Apakah Berbahaya Jika Terjadi Cegukan Pada Bayi?

Cegukan pada bayi terus-terusan? Janganlah kuatir! Menurut suatu artikel yang di buat oleh tabloid Nakita, cegukan pada bayi bukan merupakan keadaan yang perlu dicemaskan. Seperti tercatat di bawah ini :

cegukan pada bayi

Bayi yang mengalami cegukan

Kerap Cegukan pada bayi
Masalah yang satu ini juga sering buat kuatir banyak ibu. Walau sebenarnya, “Cegukan pada bayi bukan merupakan sinyal penyakit spesifik, ” tutur Dr. Najib Advani, Sp. A, MMed. Paed. Dari Sisi Kesehatan Anak FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo. Lain perihal dengan cegukan pada orang tua, dapat adalah satu tanda-tanda penyakit.

Cegukan pada bayi, menurut Najib, berlangsung lantaran ada kontraksi pada sekat rongga tubuh yang memisahkan rongga dada serta rongga perut (diafragma). Tetapi, apa pemicu timbulnya kontraksi itu, sampai saat ini belum di ketahui secara jelas.

Biasanya cegukan pada bayi bakal hilang sendiri serta tidak beresiko. Bayi cukup diberikan minum air hangat. Untuk bayi yang agak besar, berikanlah gula pasir tanpa dicairkan banyaknya sekitar satu sendok teh. Apabila cegukan pada bayi tetap selalu berlanjut dalam skala tak normal, anjur Najib, bawalah ke dokter. Karena, cegukan pada bayi yang lama bisa mengganggu bayi.

Umpamanya, ia jadi rewel hingga tidak ingin makan. Bila telah tidak mau makan, pastinya si bayi dapat sakit. ” Kelak dokter bakal berikan obat untuk kurangi kontraksi pada sekat rongga tubuh hingga cegukannya berhenti.

Nah, kini bunda sudah mengerti bahwa cegukan pada bayi itu tidak berbahaya jika dalam skala yang wajar. Tetap jaga kesehatan si kecil dari penyakit-penyakit ringan sekalipun, karena kita semua tahu bahwa bayi masih sangat lemah dan masih perlu dirawat oleh kedua orang tuanya.

Semoga bunda beserta si kecil selalu dilindungiNya dari segala mara bahaya dan juga penyakit, serta buah hati Bunda tumbuh besar kelak nanti menjadi kebanggaan bagi orang tuanya. Jangan pernah mengeluh lantaran capek dalam mengurusi si kecil yang sedang sakit maupun yang rewel, karena anak itu adalah anugerah.

Sekian tentang Cegukan Pada Bayi.

author