Atasi Alergi Makanan Saat Hamil Dengan Diet Sehat

Makanan memegang peranan penting selama masa kehamilan untuk menjamin perkembangan dan pertumbuhan janin. Jika kebutuhan nutrisi maupun gizi tidak tercukupi, dikhawatirkan akan menimbulkan efek berbahaya seperti cacat lahir misalnya. Tentu hal ini tidak sulit untuk dilakukan oleh ibu hamil yang tidak mengalami alergi makanan saat hamil. Namun, bagaimana jika sebaliknya?

Adapun reaksi yang bisa timbul adalah mual, muntah, gatal di kulit atau sesak nafas. Nah, kalau sudah begini tentu harus diketahui apa yang menjadi penyebabnya agar tidak menimbulkan hal yang berbahaya. Melakukan diskusi dengan dokter kandungan adalah langkah yang bijak agar diketahui solusi atau cara mengatasi alergi makanan.

alergi makanan saat hamil

Setelah diketahui apa yang menjadi penyebabnya, tentu perawatan pun dapat dilakukan dengan tepat. Salah satu cara yang dianjurkan adalah memilih diet sehat dalam artian memilih menu makanan yang dapat dikonsumsi dan tidak menimbulkan reaksi. Berikut beberapa jenis alergi dan makanan yang dapat dipilih seperti :

# Alergi Makanan Laut

Tiada jalan lain selain menghindari segala jenis makanan yang berasal dari laut seperti kerupuk ikan, saus ikan, gelatin serta supplemen omega 3. Kesemua jenis makanan ini mengandung ikan laut yang pastinya akan membuat tubuh bereaksi. Untuk mensiasatinya pilihlah ikan air tawar seperti lele, nila, mujair maupun gurami.

# Alergi Telur

Sebelum memutuskan untuk menghindari konsumsi telur, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu bagian telur mana yang rentan menimbulkan alergi. Apakah putih telurnya, kuning telurnya atau telur setengah matang. Selain itu, hindari makanan yang mengandung bahan telur entah itu kue atau jenis makanan lainnya. Sebaiknya mengganti protein telur dengan daging, ikan atau pun kacang-kacangan.

# Alergi Susu

Tidak sedikit jenis makanan yang dijual mengandung susu yang sayangnya bila dikonsumsi akan menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, pilihlah jenis susu yang telah diproses secara sintetis asam amino atau susu kacang kedelai. Jika pun masih memberikan efek yang kurang baik, dapat diganti dengan sayuran berdaun hijau atau jeruk.

Nah, dengan beberapa penyebab serta cara mengatasi alergi makanan saat hamil, diharapkan kondisi kesehatan ibu dan janin dapat terjaga.

author