Atasi Kenakalan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran yang Tepat

Setiap orang tua tentu enggan melihat anaknya melakukan tindakan – tindakan kenakalan. Namun sebenarnya kenakalan yang sering dilakukan oleh anak usia dini ini merupakan sebuah wujud dari kreatifitas dan rasa ingin tahu anak yang tinggi, hanya saja anak belum mampu mengekspresikan sikap tersebut sebagaimana saharusnya. Selain itu sikap anak yang masih sangat polos menjadi faktor lain terjadinya kenakalan ini.

Kenakalan anak usia dini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat berpengaruh pada karakternya dimasa depan. Untuk itu orang tua harus senantiasa memberikan bimbingan dan pengarahan pada si buah hati agar mengetahui bagaimana cara bersikap dan bertindak yang benar. Cara melakukan bimbingan dan pengarahan tersebut dapat diwujudkan dalam sistem pendidikan anak usia dini yang tepat pada lingkup keluarga. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

kenakalan

Sistem pendidikan keluarga yang tepat untuk atasi kenakalan anak usia dini

  1. Berikan pengalaman belajar pada anak sesuai dengan tingkatan rasa ingin tahunya, caranya dengan membimbing anak menghadapi secara langsung berbagai masalah real yang relevan dengan kebutuhan rasa ingin tahunya.
  2. Hargai dan puji sifat kreatif anak, kemudian arahkan kepada tindakan yang positif. Jangan pernah menegur anak dengan kata – kata yang kasar karena hal tersebut justru dapat membentuk pribadi anak yang keras pula.
  3. Berikan keleluasaan anak untuk mengeksplor diri dan lingkungan sekitarnya, jangan pernah membatasi perilaku anak selama masih dalam koridor yang benar. Dalam hal ini tentu pengawasan dari orang tua wajib dilakukan sebagai wujud antisipasi dari penyimpangan tingkah laku.

Demikian beberapa cara melakukan pendidikan keluarga guna mencegah dan mengatasi kenakalan anak usia dini. Intinya peran dan perhatian orang tua mutlak dibutuhkan untuk membantu proses perkembangan anak agar tidak menyimpang dari kebenaran.

author