Aturan Anak Pakai Empeng

No comment 779 views

Memberikan sesuatu kepada anak memang tidak terlepas dari tujuan orang tua untuk membuatnya merasa nyaman dan tenang. Pemberian ASI ekslusif, permainan hingga empeng yang pastinya banyak digunakan ibu untuk menenangkannya. Terlebih saat ini, berbagai jenis bentuk empeng ditawarkan cukup menarik mulai dari desain hingga warna yang digunakan.

Namun, perlu diketahui aturan yang disarankan jika anak pakai empeng karena berbagai fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit para orang tua merasa kesulitan untuk membuat si kecil berhenti dari kebiasaan mengisap. Di sisi lain, sebuah studi menunjukkan bahwa aktifitas menggunakan empeng mampu meminimalisirkan kematian mendadak akibat tersedak.

anak pakai empengPengaruh lainnya yang cukup memberikan kontribusi terbesar dan sering ditakutkan adalah terganggunya pertumbuhan gigi seperti gigi silang misalnya. Walau pada kenyataannya perubahan tekstur gigi tidak hanya disebabkan oleh empeng, tapi sebaiknya pilihlah empeng yang membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi sehingga dapat membentuk gigi yang sehat dan sempurna.

Tidak dipungkiri, jika saat ini banyak para orang tua mengandalkan empeng sebagai alat untuk menenangkan anak. Berbagai cara pun dilakukan seperti memberi madu atau pemanis lainnya hingga mengalungkannya ke leher bayi. Tentu saja, tindakan ini justru akan membuat bayi akan sulit untuk melepas dari kebiasaan mengisap.

Lantas, aturan apa saja yang harus dilakukan agar memberikan dampak positif selama masa pertumbuhan dan kembang anak? Salah satunya adalah memberikan pada waktu yang tepat seperti tidak memberi pada saat makan misalnya. Karena hal ini secara tidak langsung akan membuat anak menjadi mudah kenyang dan tidak mau mengunyah makanan yang diberikan.

Kemudian, di masa pemberian ASI eksklusif sangatlah tidak direkomendasikan untuk mengenalkan empeng karena dapat mengganggu proses menyusui itu sendiri. Dan jangan lupa, batasi pemberian empeng tatkala bayi merasa tenang agar tidak terbiasa menggunakannya.

Dengan memperhatikan kaidah atau aturan yang harus dilakukan, setidaknya para orang tua bisa mencegah bayi untuk tidak terlalu mengharapkan empeng. Karena pemberian empeng pada anak jika diberikan sesuai aturan, dapat memberikan manfaat positif.

author