Aturan Pemberian Makan Anak Biawak Usia Kurang dari 1 Tahun

Biawak merupakan salah satu jenis reptil yang kini banyak dikembangkan biakkan, baik sekedar untuk hoby maupun bisnis. Pengembang biakan reptil sejenis kadal ini membutuhkan kiat – kiat khusus agar dapat berjalan sukses. Selain ada banyak faktor yang tentunya harus benar – benar diperhatikan, terlebih bagi anak biawak yang belum genap berumur satu tahun.

Sebagaimana binatang lainnya, biawak muda dapat dikatakan masih sangat rapuh dan membutuhkan waktu untuk menyempurnakan semua organ tubuhnya. Oleh sebab itu wajar saja jika bayi biawak yang belum genap berumur 1 tahun ini harus mendapat perlakuan khusus. Perlakuan khusus tersebut termasuk untuk masalah makanan. Makanan biawak muda tentu sedikit berbeda dengan sang induk, diperlukan menu khusus agar ia tetap sehat dan dapat tumbuh dengan cepat.

biawak

Makanan biawak muda

Untuk anak biawak yang belum memasuki satu tahun pertamanya, makanan terbaik yang dapat diberikan adalah hewan – hewan kecil sejenis serangga. Dengan sistem pencernaana yang belum 100% sempurna makanan berukuran kecil manjadi menu yang tepat. Selain itu, sebagai makanan selingan dapat pula diberikan daging atau rodent, hanya saja tidak boleh terlalu sering. Disarankan untuk memberikan makanan sejenis serangga 4 kali seminggu dan makanan daging atau rodent hanya sekali seminggu.

Demikian panduan memberikan makanan pada bayi biamak yang belum genap berumur satu tahun. Semoga dapat menjadi rujukan dan bermanfaat.

author