Awas! Sesak Nafas Pada Kehamilan 9 Bulan

No comment 3275 views

Hamil, adalah satu momen yang paling berharga bagi seorang wanita sepanjang hidupnya. Itu sebabnya, wanita hamil ini berusaha menjaga dan merawatnya baik untuk kepentingan diri pribadi maupun janin yang ada di dalam kandungan. Hanya saja, masalah yang timbul selama kehamilan memang tak bisa dihindarkan seperti sesak nafas.

Memang, kesulitan bernafas yang dialami oleh seorang wanita pastinya berbeda dengan wanita lainnya. Ada yang merasakan layaknya asma atau ada yang juga mengalami nafas pendek dan mudah habis. Yang menjadi persoalan, apakah sesak nafas selama masa hamil itu tergolong biasa? Bagaimana bisa di masa kehamilan 9 bulan sesak nafas kerap terjadi?

kehamilan 9 bulanSecara medis, sesak nafas memang sangat umum terjadi pada kehamilan walau sekitar tiga perempat dari mereka tidak pernah merasakannya. Biasanya, menjelang usia trimester pertama atau kedua gejala ini kerap muncul. Apalagi, di usia kehamilan 9 bulan yang notabene tubuh menjadi lebih berat yang bisa-bisa membuat ibu menjadi terengah-engah.

Rahim ibu yang terus meningkat sesuai dengan pertambahan usia kehamilan akan menekan diafragma dan paru-paru. Tentu, kondisi ini akan membuat ibu menjadi sulit bernafas bahkan hanya sekedar melakukan aktifitas rutin sehari-hari seperti menyapu atau memasak.

Meskipun kondisi memang dianggap normal, namun melakukan konsultasi dengan dokter kandungan adalah langkah yang tepat. Karena terkadang sesak nafas saat hamil belum tentu diakibatkan dari masalah kesehatan. Lagipula, dengan diskusi medis diharapkan perawatan intensif dapat dilakukan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kehamilan 9 Bulan : Lakukan Pencegahan

Walau sesak nafas usia kehamilan 9 bulan terkadang tidak bisa dicegah, namun melakukan tindakan pencegahan bukanlah satu hal yang dilarang. Seperti menghindarkan untuk tidur telentang. Awal kehamilan tidur dengan cara ini memang membuat nyaman. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan malah justru menyebabkan tidak aman.

Pada posisi ini, berat badan rahim akan menekan tulang belakang, saluran darah hingga usus. Nah, tekanan inilah yang dapat menyebabkan sulitnya untuk bernafas dan yang lebih fatal lagi adalah aliran darah ke bayi akan berkurang. Jadi, bukan hanya proses persalinan saja yang harus diantisipasi, adanya gangguan pernafasan pada kehamilan 9 bulan juga perlu diwaspadai oleh bumil.

author