Bagaimana Belajar Membaca Anak Pra Sekolah Yang Tepat?

Memberi pendidikan yang terbaik bagi si kecil merupakan tanggung jawab para orang tua. Namun, tidak sedikit diantara mereka yang terjebak dengan segala fasilitas yang diberikan sehingga rasa bingung pun mendera. Seperti saat memilih kursus atau sekolah khusus untuk anak pra sekolah dimana tidak sedikit yang mengabaikan aktifitas “bermain” yang seharusnya dimiliki di usia tersebut.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh banyak orang tua terutama di masa prasekolah adalah bagaimana sistem belajar khususnya membaca yang tidak membuat mereka bosan. Tentu, salah satu faktor yang mampu memudahkan adalah minat yang berasal dari diri si anak itu sendiri. Tidak sedikit anak-anak yang memiliki ketertarikan terhadap kegiatan skolastik dikarenakan sering melihat kakaknya sedang belajar. Nah, yang menjadi persoalan adalah bagaimana belajar membaca anak pra sekolah yang tepat?

Belajar Membaca Anak Untuk Usia Pra Sekolah: Tips Yang Banyak Direkomendasikan

belajar membaca anakTerlalu dini memang jika mengatakan bahwa si kecil akan merasa bosan untuk belajar apalagi bila mereka sudah memahami beberapa kata pada awalnya. Meskipun demikian, ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat mendampingi belajar membaca anak pra sekolah seperti :

•    Memilih kursus yang menyediakan fasilitas yang disesuaikan dengan karakteristik si anak. Bagaimana metode pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga si anak pun akan cepat dalam mengembangkan ketrampilan membacanya.

•    Luangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk proses pembelajaran karena rentang waktu konsentrasi saat belajar membaca anak pra sekolah belum terlalu lama. Jika lebih, dikhawatirkan akan membuat mereka cepat bosan.

•    Menyesuaikan dengan dunia mereka yaitu penuh dengan bermain. Beberapa materi yang akan disampaikan hendaknya dibungkus dalam bentuk permainan menarik sehingga mudah dipahami.

Mendidik anak sejak dini sangatlah diperlukan karena pada usia tersebut merupakan momen emas dimana otak si kecil mengalami perkembangan yang sangat pesat.  Adapun tujuan dari terselengaranya pendidikan pra sekolah adalah untuk membantu para orang tua meningkatkan kecerdasan dan mental anak. Tak hanya itu, karakter si kecil dalam mengatur perasaan emosi pun bisa terbentuk. Sehingga, pada saat mereka masuk pada level pendidikan selanjutnya, mereka sudah dapat menyesuaikan diri. Dan salah satunya adalah memahami tentang belajar membaca anak di usia pra sekolah.

author