Bagaimana Cara Agar Anak Mau Makan Sayur?

No comment 608 views

Banyak cara agar anak mau makan sayur, namun banyak orang tua yang belum mengetahui caranya. Padahal, sayuran merupakan makanan dengan beragam vitamin serta nutrisi yang sangat penting bagi tubuh serta pertumbuhan anak. Di bawah ini, ada beberapa tips atau cara agar anak mau makan sayur. Silakan anda coba.

Hidangkan sayuran ke dalam bentuk yang menarik

Sayur bayam matang yang ada di mangkuk mungkin tidak akan membuat anak anda tertarik. Mereka, adalah anak-anak yang selalu mengaitkan hal dengan bentuk-bentuk favorit atau setidaknya menyenangkan. Ketika mereka melihat hal tersebut menarik, maka secara langsung mereka akan menyukainya. Termasuk makanan, untuk menyulap sayuran menjadi favorit anak-anak, cobalah untuk membuatnya menjadi bentuk-bentuk keren seperti irisan wortel yang diubah menjadi bintang, atau brokoli yang anda buat utuh sehingga tampak seperti pohon.

Berikan sayuran yang renyah

Anak-anak akan sangat tidak menyukai makanan yang lembek, untuk itu cobalah berikan sayuran yang renyah serta jangan memasak dalam waktu begitu lama. Cobalah goreng dalam waktu singkat dan dengan minyak sehat agar vitamin yang ada tidak berkurang serta anak mendapatkan rasa nyaman ketika mengkonsumsinya.

Ajak anak anda untuk berbelanja

Biarkan anak menemani anda berbelanja dan ajaklah mereka untuk memilih makanan sendiri. Anak-anak bisa jadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran setelah mereka melihat bentuk aslinya, dan kemudian memilihnya. Bila perlu, ajak mereka untuk ikut memasak dan mencicipi masakan yang ada.

Bersikap penyabar dan pelan-pelan dalam merayu anak

Mungkin selama ini bukan anak anda yang tidak menyukai sayuran, tetapi diri anda sendiri yang tidak sabar dalam mengajak anak. Cobalah untuk tidak tergesa-gesa dalam merayu anak anda, kenalkan beragam jenis sayuran menark hingga ia mampu menyukai sayuran tersebut. Jika anak anda menolak pada ajakan ketiga atau keempat, maka coba terus hingga ia menyukainya.

Bercocok tanam

Coba ajak anak untuk membuat apotik hidup semacam kebun sayuran kecil yang ada di rumah. Anak, secara langsung mampu mengenal sayuran dan mengetahui bagaimana cara menanamnya.

Itulah beragam cara agar anak mau makan yang bisa anda coba.

author