Bagaimana Cara Mengurus Bayi yang Baru Lahir?

No comment 1006 views

Cara mengurus bayi yang baru lahir itu tidaklah sulit karena Anda tidak memerlukan keahlian khusus dalam melakukannya. Cukup tanyakan beberapa hal kepada dokter dan mulai praktikkan tanpa bantuan dari sana sini. Kami, secara khusus akan memberikan beberapa langkah atau cara mengurus bayi baru lahir kepada Anda agar mampu mengurus bayi dengan baik.

Berikan ASI yang cukup

Banyak bayi yang merasa begitu lapar dengan sangat cepat karena air susu ibu yang belum mampu memenuhi keinginan sang bayi. Oleh karena itu, amat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah agar air susu dapat lancer dan mampu memenuhi kebutuhan bayi. Beberapa sayuran yang penting untuk melancarkan air susu adalah daun katuk serta bayam.

Mengganti popok dengan segera

Ketika bayi Anda sudah tidak nyaman karena buang air besar atau kecil, maka gantilah popok bayi dengan segera dan jangan menunda terlalu lama. Kulit bayi masih sangat sensitif dan ia bisa mengalami iritasi akibat popok yang lama diganti. Juga, ketika Anda mengganti popok si bayi, maka amatilah air seni dan fesesnya. Air seni yang terlalu kuning menAndakan bahwa bayi Anda mengalami kekurangan cairan, sedangkan feses bayi yang tidak berbau dan lunak adalah petAnda bagus karena ia mendapatkan ASI ekslusif dalam takaran yang baik.

Memandikan bayi

Tahap ini biasanya merupakan tahap yang sulit Karena sang ibu ragu-ragu untuk memandikan bayinya. Namun, mau tidak mau seorang ibu harus mempelajarinya. Teknik memandikan bayi cukup dengan membasuh seluruh tubuh bayi menggunakan air. Kemudian, basuh bersama dengan sabun khusus bayi dan berikan sampho bayi untuk diusapkan pada rambut. Apabila Anda masih ragu dalam memandikan bayi, maka mintalah bantuan orang lain untuk membasuh bayi Anda sementara Anda memegangi si bayi.

Proses pemandian tidak boleh terlalu lama dan segera keringkan tubuh bayi menggunakan handuk. Berikan minyak telon dan bedak bayi ke beberapa bagian kulit terutama dada, punggung, dan bagian bawah tubuh bayi.

Semoga 3 Cara mengurus bayi yang baru lahir di atas mampu membantu Anda dengan sangat baik.

author