Bagaimana Melihat Pendidikan Keluarga dalam Islam

Pendidikan keluarga dalam Islam dilihat sebagai kesinambungan antara pengajaran dan implementasi dari pemahaman keagamaan. Sangat penting bagi semua pihak untuk memahami mengenai betapa pentingnya ilmu dalam keagamaan. Setelah memahami dengan baik apakah itu ilmu keagamaan, implementasi dari ilmu tersebut adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Diperlukan adanya sinergi yang berkesinambungan antara kedua aspek ini. Peran keluarga sangat penting sebagai pengajar, peberi contoh, serta pengawas dari setiap tindakan yang dilakukan oleh anggota keluarga mereka.

Pendidikan yang harus ditanamkan adalah mengenai akidah. Akidah berisi mengenai dasar-dasar dari nilai keislaman dan juga daasar-dasar mengenai keimanan. Bagi orang yang sudah memiliki pengalaman ebih, anda berkewajiban untuk memberikan pengetahuan yang dibutuhkan seorang anak untuk bertumbuh dengan baik secara Islam. Anak akan mengikuti apa yang diajarkan oleh pengayom mereka mengenai agama Islam. Dengan pengajaran yang baikmaka seorang anak akan mampu menerima semua pemahaman tersebut dengan baik.

Setelah memiliki pemahaman yang mencukupi, tahap selanjutnya adalah implementasi. Dalam Islam hal ini terkait ahlak (implementasi akidah) mereka. Dengan nilai yang telah tertanam maka diharapkan mereka akan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai keluarga, anda juga perlu untuk memantau bagaimana mereka mengimplementasikan nilai-nilai akidah Islam dengan baik. Pendidikan keluarga dalam Islam adalah sebuah langkah awal untuk menjalankan kehidupan berkelanjutan bagi seorang anak. Pembelajaran akidah dan ahlak adalah bekal setiap anak untuk masa depan mereka.

author