Bagaimana membersihkan Mata, Hidung, dan Telinga bayi baru lahir?

Ayah Bunda tentu saja bahagia mendengar kabar anaknya yang baru lahir. Memang ini snagat menyenangkan, tetapi bukan berarti sudah begitu saja, Ayah Bunda juga harus mulai menyenangi merawatnya yang ribet. Dikatakan ribet karena perawatan bayi baru lahir harus ekstra hati-hati dan tidak bisa seperti merawat anak yang sudah gede.

Tubuh bayi mudah pula kotor, sehingga perlu untuk dibersihkan. Cara untuk membersihkan bagan bayi adalah dengan memandikannya. Ketika baru dilahirkan bayi masih memiliki lapisan pelindung dikulitnya, sehingga dilap saja untuk membersihkan tubuh bayi. Setelah tali pusat dipotong bayi dapat dimandikan dengan air hangat. Hati-tahi jangan sampai kepalanya terendam. Lalu gunakan sabun bayi.

merawat kulit bayi

Mandi mungkin dapat membersihkan tubuh bayi secara garis besar, namun bagian-bagian tubuh tertentu pada bayi ada yang belum bisad dibersihkan langsung dengan air mandi. Bagian-bagian ini antara lain mata, hidung, dan telinga. Lalu bagaimana cara membersihkan mata, hidung, dan telinga bayi baru lahir?

Membersihkan mata dapat dilakukan dengan membasahi kapas bersih dengan air hangat, mulai dari arah hidung ke luar. Jika ditemukan tanda-tanda infeksi pada mata seperti bengkak, merah, mengeluarkan nanah segera bawa ke dokter. Lain hal nya dengan kotoran telinga. Bagian tubuh ini tidak perlu sering-sering dibersihkan secara rutin dengan mengorek liang telinga karena akan keluar sendiri ketika sudah cukup besar dan lunak saat bayi menangis. Lubang hidung bayi juga tidak perlu dibersihkan secara khusus, cukup mengelapnya saat mandi.

Selain perawatan kebersihan tubuh bayi, masih banyak lagi tips perawatan bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui.

 

author