Bagaimana Mengatasi Sariawan Pada Balita?

No comment 495 views

Balita Anda dapat mempunyai sariawan karena sebuah jamur yang tumbuh dan disebut dengan Candida Albicans. Jamur tersebut dapat ditularkan melalui banyak hal, salah satunya adalah putting ibu ketika menyusui. Karena balita merupakan bayi yang beranjak tumbuh, tentu saja ia sangat sensitif dan memerlukan perlindungan serta penanganan yang cepat bila terjadi masalah. di bawah ini ada beragam solusi bagi seorang ibu yang ingin mengatasi sariawan pada balita.

Konsumsi makanan probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik seperti yogurt, dan suplemen probiotik lainnya mampu menjaga keseimbangan bakteri sehat sehingga menghindarkan balita Anda dari sariawan. Makanan tersebut membuat jamur Candida pergi dan tidak lagi mampu menyerang area sensitive balita.

Makanan yang tepat

Beragam makanan seperti sereal gandum, sayuran yang kaya akan serat, dan vitamin tentu saja sangat baik dalam rangka menciptakan sistem kekebalan tubuh serta penyembuhan luka. Juga, jangan biarkan anak Anda mengkonsumsi beragam makanan yang memiliki nutrisi buruk seperti makanan olahan, cepat saji, dan makanan yang mengandung gula.

Gunakan minyak kelapa, apabila balita Anda masih disuplai ASI, maka oleskan minyak kelapa tersebut ke putting payudara Anda atau ke mulut bayi sebagai upaya mencegah pertumbuhan jamur.

Bawang putih

Bawang putih tampil sebagai salah satu antibiotic alami bagi para ibu. Cukup tambahkan bawang putih segar ke dalam masakan bayi, dan temukan manfaat terbaiknya dalam mengatasi sariawan pada balita.

Cuka sari apel

Oleskan beberapa tetes cuka sari apel ke mulut bayi Anda sebagai upaya untuk mencegah jamur semakin meluas. Karena, cuka dan jamur tentu saja tidak dapat hidup berdampingan. Ketika cuka disandingkan dengan jamur, maka pertumbuhan jamur akan terhambat dan mati.

Sinar matahari

Udara segar serta sinar matahari dapat mencegah jamur untuk tumbuh di kulit balita Anda. sehingga jamur yang menyebabkan sariawan pada bayi dapat hilang. Cobalah untuk selalu menghindari ruangan gelap terlalu lama, dan mulailah ke luar kemudian mencari matahari dan udara segar di pagi hari.

Semoga dengan tips mengatasi sariawan pada balita tersebut, Anda dapat menemukan solusi yang tepat.

author