Bagaimana Menyusui Sambil Diet Yang Aman Dilakukan?

Perubahan bentuk tubuh selama masa kehamilan adalah satu hal yang wajar terjadi bagi ibu hamil. Namun, tidak semua diberi kemudahan dalam menurunkan berat badan tatkala melahirkan yang ada malahan justru semakin gemuk. Alhasil, rasa kurang percaya diri pun timbul apalagi tuntutan akan pekerjaan untuk selalu tampil cantik dan menarik diharuskan.

Melakukan diet. Satu pikiran yang pastinya ada di benak para ibu yang ingin mengembalikan keindahan tubuh mereka seperti semula. Tentu, cara ini tidak salah dan dapat dilakukan oleh ibu pasca melahirkan. Hanya saja, perlu diketahui metode diet apa yang harus dilakukan mengingat menyusui sambil diet sangat berpengaruh kepada kebutuhan nutrisi anak.

Menyusui Sambil Diet Dimulai Dengan Olahraga

menyusui sambil dietUntuk melakukan diet dengan cara berolahraga, sebaiknya dilakukan dengan serangkaian gerakan ringan seperti berjalan sore hari bersama bayi misalnya. Atau, bisa juga melakukan aktifitas berenang atau bersepeda santai. Jika dilakukan secara teratur dan ibu sudah merasa nyaman, maka intensitasnya dapat ditingkatkan. Seperti melakukan olah tubuh untuk menguatkan dinding perut misalnya.

Bergabung dengan salah satu sarana olahraga juga dianjurkan karena instruktur senam akan memberi gerakan yang aman. Namun, disisi lain juga menghilangkan kebosanan jika melakukannya seorang diri. Pastikan, untuk melakukan konsultasi dengan dokter bila terasa gejala sesak, nyeri atau kram yang berkelanjutan.

Bagaimana Dengan Jenis Makanan?

Menyusui sambil diet dapat dilakukan sepanjang tidak mengurangi asupan kalori yang dibutuhkan oleh bayi. Bahkan, kualitas ASI dapat menurun yang tentu saja sangat berpengaruh kepada pertumbuhan bayi. Untuk itu, sangatlah perlu dikombinasikan dengan tidak mengurangi secara drastis makanan yang akan dikonsumsi.

Sayuran, buah, karbohidrat kompleks serta sumber protein lemak adalah jenis makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Begitu juga dengan daging ayam tanpa kulit, telur, tahu maupun kacang-kacangan adalah makanan sehat lainnya. Sebaiknya, hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang pastinya mengandung lemak yang tidak bagus bagi tubuh.

Agar diet yang dilakukan memberikan manfaat secara maksimal, sebaiknya lakukan dengan santai dan tidak menetapkan target tertentu. Kebutuhan gizi untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi adalah satu hal yang terutama dan tidak bisa dianggap remeh. Lagipula, menyusui sambil diet bukanlah satu hal yang direkomendasikan oleh para medis.

author