Bagaimana Merawat Bayi Baru Lahir Yang Aman

No comment 1010 views

Saat proses persalinan berlangung dengan aman dan lancar, hal yang harus dihadapi adalah merawat si kecil. Sekilas memang satu aktifitas yang sederhana namun pada kenyataannya tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam melakukannya baik itu orang tua yang sudah berpengalaman sekalipun. Namun, satu hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan baru dengan kehadiran si kecil.

Berkomunikasi dengan si kecil memang dibutuhkan kesabaran serta intuisi diri sendiri mengingat bayi yang baru lahir hanya bisa menangis dan menjerit. Di masa ini, para orang tua akan belajar untuk menyesuaikannya walau pastinya ada tantangan bahkan kewalahan untuk menghadapinya. Adapun merawat bayi baru lahir memang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan seperti kebutuhan dasar hingga masalah kesehatan.

Merawat Bayi Baru Lahir : Gunakan Intuisi

merawat bayi baru lahirAda banyak tips dan panduan yang diberikan oleh beberapa sumber, namun cara perawatan yang tepat adalah mengandalkan intuisi atau perasaan dari orang tua itu sendiri. Seperti yang telah diuraikan di atas, meskipun awalnya sangat sulit namun perlahan namun pasti mereka akan terbiasa dengan tingkah si kecil. Dengan begitu, penanganan dapat segera dilakukan dan si kecil pun merasa nyaman.

Sebut saja menangis atau menjerit. Menangis adalah salah satu bentuk reaksi yang diberikan si kecil pada orang tuanya. Diusia berkisar 1 minggu, tangisan ini bisa berupa rasa lapar atau masalah pada popoknya. Jika ternyata bukan itu masalahnya, ibu bisa membungkusnya dalam selimut yang hangat. Ingat, bayi belum dapat menyesuaikan dengan kondisi di luar rahim sehingga mereka membutuhkan kehangatan.

Kemudian, bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. Bisa saja mereka menghabiskan waktu kurang lebih 20 jam sehari terutama pada awal minggu pertama. Namun, jangan biarkan si kecil tidak makan dikarenakan harus tidur karena kebutuhan gizi sangatlah besar di usia tersebut. Untuk itu, bersiap memberikan botol susu atau ASI setiap waktu adalah keharusan.

Nah, cukup mudah dan aman bukan? Jika masih dirasa perlu bimbingan, dokter kandungan hingga orang tua juga akan bersedia membantu tentang bagaimana merawat bayi baru lahir.

author