Bagaimana Perkembangan Bayi Prematur? Baca disini

1 comment 1743 views

Perkembangan bayi premature memang sedikit beda dengan bayi yang lainnya karena mereka memang lahir dengan waktu yang lebih cepat. Seorang bayi dikatalan prematur apabila lahir dengan waktu kurang dari 36 minggu dan memerlukan perawatan khusus untuk meningkatkan kualitas kesehatannnya dan agar bisa tumbuh dengan normal.

Ada beberapa jenis organ yang dicermati dalam perkembangan bayi prematur dan kesemuanya harus berada dalam pengawasan tim medis agar semua peristiwa diamati dengan baik. berikut ini adalah beberapa perkembangan bayi prematur.

Organ pernapasan

Paru-paru bayi prematur tidak hadir dengan sempurna sehingga mereka mengalami kesulitan dalam bernafas. Bayi yang mengalami kondisi tersebut disebut dengan sindrom gawat napas atau respiratory distress syndrome.

Suhu tubuh

Seorang bayi dengan status prematur mempunyai beragam masalah pada suhu tubuhnya. Rata-rata mereka mempunyai suhu yang cenderung begitu dingin dan suhu yang cenderung terlalu panas. Sehingga, pengontrolan suhu tubuh bayi prematur harus dilakukan dengan sangat serius serta mendetail. Juga, bayi dengan kondisi tersebut biasanya tidak mempunyai penyekat panas seperti layaknya bayi normal. Kondisi tersebut terjadi karena lemak di dalam tubuhnya juga sangat kurang.

Pencernaan

Lambung bayi dengan kondisi yang prematur akan sulit untuk mencerna beberapa jenis nutrisi terutama protein esensial. Bayi belum mampu mencerna makanan dan menyimpannya dengan baik, sehingga makanan yang diberikan cenderung dimuntahkan oleh sang bayi.

Refleks

Perkembangan refleks bayi prematur dengan bayi normal juga mempunyai perbedaan yang cukup jauh. Bayi normal akan mempunyai refleks menghisap makanan yang cukup baik, namun sebaliknya bayi dengan kondisi prematur akan mempunyai kesulitan makan dan memerlukan selang untuk membantunya.

Perkembangan otak

Perkembangan otak bayi prematur biasanya tidak sempurna karena perkembangan otak di luar kandungan tentu saja berpengaruh kedepannya. Pertumbuhan otak yang seharusnya masih mendapatkan nutrisi dari dalam kandungan akan menjadi terhambat karena bayi telah keluar dari perut ibunya lebih cepat. Ketidakcukupan plasenta bisa mengakibatkan volume otak yang lebih kecil pada bayi prematur.

Semoga penjelasan mengenai perkembangan bayi prematur di atas dapat memberikan informasi yang berharga kepada Anda.

author