Bagaimana Tips Menyusui Bayi Kembar?

No comment 501 views

Memiliki bayi kembar tentu merupakan anugrah yang luar biasa dari tuhan. Namun ketika anda mengalaminya tentu anda juga harus melakukan berbagai hal khusus secara ekstra agar si kembar dapat tumbuh sehat dan cepat. Salah satunya adalah dalam urusan menyusui.

Nah berkenaan dengan masalah menyusui bayi kembar, tentu anda harus mempelajari beberapa hal agar sukses dalam melakukannya. Apa saja yang perlu anda ketahui dalam menyusui bayi kembar? Berikut diantaranya.

anak kembar

Tips menyusui bayi kembar

  • Anda bisa saja menyusui si kembar secara bersamaan. Namun akan lebih baik jika anda memilih untuk melakukannya secara bergantian karena tidak menutup kemungkinan keduanya memiliki gaya menyusu yang berbeda. Dengan menyusui satu persatu secara bergantia, anda juga dapat lebih berkonsentrasi dan fokus dalam memberikan asupan asi kepadanya.
  • Berikan porsi yang sama kepada setiap bayi. Anda bisa menyusui bayi yang satu dengan payudara sebelah kanan selama 20-30 menit. Selanjutnya susui bayi kedua dengan payudara sebelah kiri dalam waktu yang sama.
  • Jika ada kalanya anda memang terpaksa menyusui keduanya secara bersamaan, pilihlah posisi menyusui yang tepat. Gunakan kursi goyang berlengan dan gunakan bantal untuk alas si kecil. Pertimbangkan pula adanya sandaran yang tinggi sehingga dapat menopang seluruh tubuh anda.

Nah itu tadi beberapa tips menyusui bayi kembar yang perlu anda ketahui. Selalu perhatikan asupan makanan dan gaya hidup anda agar kuantitas dan kualitas asi anda tetap terjaga guna mencukupi kebutuhan nutrisi bayi kembar anda.

author